Mohon tunggu...
Sidro Wirasoma
Sidro Wirasoma Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Seorang pelajar SMA

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Proses Berkembangnya Bisnis Teh Jumbo di Era Modern

28 September 2024   22:30 Diperbarui: 29 September 2024   09:25 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Es Teh Jumbo adalah minuman teh yang disajikan dalam porsi besar, biasanya dalam kemasan botol plastik berukuran jumbo. Minuman ini telah menjadi salah satu minuman populer dan pilihan favorit di kalangan masyarakat, terutama di daerah yang panas, berkat kesegarannya dan penyajiannya yang cepat. Dengan harga yang terjangkau sekitar Rp 3.000 per gelas, Es Teh Jumbo menawarkan rasa yang menarik karena disediakan berbagai varian rasa yang menyegarkan. Popularitasnya juga didukung oleh kemudahan akses, yang membuatnya mudah ditemukan di berbagai tempat.

Pertumbuhan pesat Bisnis Teh Jumbo dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menarik perhatian konsumen. Pertama, banyaknya varian rasa yang ditawarkan memungkinkan konsumen untuk memilih sesuai dengan selera mereka. Dengan banyaknya pilihan, pelanggan dapat menemukan minuman yang paling sesuai dengan seleranya masing-masing, sehingga meningkatkan minat beli. 

Kedua, harga yang terjangkau menjadi alasan utama mengapa Bisnis Teh Jumbo banyak diminati. Dengan hanya sekitar Rp 3.000 per gelas, Es Teh Jumbo ini begitu laris dan diburu banyak orang dan menjadikannya pilihan yang menarik di tengah banyaknya minuman di pasaran. 

Ketiga, strategi pemasaran melalui promosi di media sosial turut membantu pada perkembangan bisnis ini. Dengan memanfaatkan platform tersebut, Bisnis Teh Jumbo dapat menjangkau calon konsumen yang lebih luas dan menarik perhatian berbagai kalangan. Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas produk, tetapi juga mendorong lebih banyak orang untuk mencoba Es Teh Jumbo. Oleh karena itu, dengan menyediakan berbagai varian rasa, memasang harga yang terjangkau, dan melakukan promosi di media sosial membuat Bisnis Teh Jumbo semakin diminati dan berkembang. 

Selain beberapa faktor yang sudah disebutkan diatas, ada juga dampak negatif dan positif dari adanya Bisnis Teh Jumbo. Dampak negatifnya diantaranya berpotensi meningkatnya penyakit seperti diabetes karena Teh Jumbo memiliki kandungan gula yang tinggi serta berdampak juga bagi lingkungan karena penggunaan botol plastik mengakibatkan meningkatnya sampah plastik. Adapun dampak positif dari adanya Bisnis Teh Jumbo yaitu menciptakan lapangan kerja baru sehingga membantu mengurangi pengangguran dan juga bisnis ini bisa menjadi peluang usaha bagi pelaku usaha kecil karena modalnya yang terjangkau.

Bisnis Teh Jumbo mengalami perkembangan yang pesat berkat strategi yang efektif dalam menarik perhatian konsumen. Pertama, dengan menawarkan berbagai varian rasa, yang memungkinkan pelanggan untuk memilih sesuai dengan selera mereka, sehingga meningkatkan daya tarik produk. Selain itu, penetapan harga yang terjangkau membuat Es Teh Jumbo menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang yang menjadikan Es Teh Jumbo banyak diminati berbagai kalangan. Serta, promosi melalui media sosial juga berperan penting dalam memperluas jangkauan pasar. Dengan memanfaatkan platform ini, Bisnis Teh Jumbo dapat menjangkau calon konsumen yang lebih luas serta memperluas jangkauan bisnis. Meskipun minuman ini menjadi pilihan favorit sebagian orang dan membuka peluang usaha serta lapangan kerja baru, terdapat juga dampak negatif, seperti resiko diabetes akibat kandungan gula tinggi serta peningkatan sampah plastik dari penggunaan botol plastik. Dengan demikian, meski menarik dan menguntungkan perlu perhatian terhadap dampak kesehatan dan lingkungan dari bisnis ini.

Daftar Pustaka:

Yunadwiputri, Zahira Levina. (2023, 8 Desember). Es Teh Jumbo: Pengalaman Menikmati Minuman Berukuran Besar. Diakses 19 September 2024, https://www.kompasiana.com/levinazahira11/65732ba1de948f712b659834/es-teh-jumbo-pengalaman-menikmati-minuman-berukuran-besar

Jaya, Felix. (2023, 20 Oktober). Fenomena Bisnis Es Teh yang Merajalela. Diakses 19 September 2024,  https://www.kompasiana.com/felixjaya1789/653221a9ee794a7efc6b2022/fenomena-bisnis-es-teh-yang-merajalela

Pambudi, Haryo Muhammad. (2024, 3 Januari). Bisnis Teh Jumbo yang Sedang Viral, Bagaimana Prospeknya?. Diakses 19 September 2024, https://www.goodnewsfromindonesia.id/2024/01/03/bisnis-teh-jumbo-yang-sedang-viral-bagaimana-prospeknya

NugraheniDyah, Pramitha. (2023, 12 Desember). Apa yang Terjadi Ketika Kita Mengonsumsi Segelas Es Teh Jumbo Setiap Hari?. Diakses 19 September 2024, https://www.kompasiana.com/pramitha2425/657864afde948f0c5838ee32/apa-yang-terjadi-ketika-kita-mengonsumsi-segelas-es-teh-jumbo-setiap-hari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun