Pendampingan ini untuk meningkatkan nilai finansial para pelaku UMKM UD ALFATH yang beroperasi di bawah merek "Kue Blok Susu" di industri makanan. Program pengabdian ini merupakan lanjutan dari kegiatan tahun 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi pelaku umkm UD ALFATH bidang makanan dengan merek "Kue Balok Susu". Usaha Mitra dalam bidang menjual kue basah rasa coklat dan atau brownis, berlokasi di daerah kepuharjo kabupaten malang, Mitra sudah menjalankan usaha sejak tahun 2019 dengan mengambil tempat di rumah, berdasarkan hasil wawancara tim PKM dengan mitra terdapat beberapa masalah yang dihadapi adalah mitra belum mampu melakukan optimalisasi pemasaran melalui online. Persaingan bisnis kue oleh-oleh yang saat ini semakin banyak kompetitor dipandang perlu untuk memberikan pendampingan agar UMKM UD ALFATH dalam hal ini adalah pelaku usaha umkm dapat terus menjalankan usahanya sehingga mitra dan tim pkm berupaya untuk melakukan diversifikasi produk untuk meningkatkan omset penjualan.
Dalam kegiatan PKM di UD ALFATH, materi yang diberikan berfokus pada cara mengoptimalkan penggunaan Instagram di media sosial. Â Instagram UD ALFATH, gambar yang ditunjukkan untuk setiap produk dan kegiatan tidak terorganisir dengan baik. Oleh karena itu, pengelola UD ALFATH diberi instruksi tentang cara menggunakan kamera handphone untuk mengambil foto produk atau embut video melalui kamera handphone. Dengan demikian, konten Instagram UD ALFATH akan menjadi lebih menarik dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek.
Dalam kegiatan PKM optimalisasi media sosial di UD ALFATH, seseorang mengawasi peserta dan mengajukan pertanyaan mengenai pemahaman dan pengetahuan mereka tentang materi yang telah diberikan, serta seberapa penting pemanfaatan media sosial Instagram untuk mempromosikan produk UD ALFATH. Hasil dari kuesioner yang diberikan bukan merupakan bagian dari kegiatan. Sampai saat ini, pengabdian telah dilaksanakan untuk pendampingan optimalisasi media sosial Instagram untuk produk UD ALFATH. Ini akan menghasilkan statistik berdasarkan jumlah foto yang diunggah, suka, dan komentar yang diterima. Pendampingan diawali dengan memberikan materi dan pengenalan mengenai media social instagram dan fitur-fitur yang terdapat pada instagram untuk dimanfaatkan pada pemasaran produk. Pendampingan juga dilakukan dengan memberi pelatihan pada penggunaan media social instagram, mengenai gambar dan foto-foto yang dapat menarik minat pelanggan, serta pesan-pesan efektif yang ingin diketahui konsumen
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H