Mohon tunggu...
Shohib Muslim
Shohib Muslim Mohon Tunggu... Dosen - Fasilitator

simple

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Sinergi Polinema dan UD Alfath: Optimalisasi Sertifikat Halal dan Digital Branding

25 September 2023   10:05 Diperbarui: 25 September 2023   10:32 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian suatu negara atau wilayah. Meskipun relatif dekat dengan skala ekonomi teratas, ada banyak UMKM, dan sebagai hasilnya, negara dan masyarakat telah mendapat manfaat dari upaya masa lalu mereka. Menurut (Dahlan, 2017), peran penting ini telah menginspirasi banyak negara, termasuk Indonesia, untuk terus berupaya menumbuhkan UMKM. Tiga faktor menentukan seberapa penting negara-negara berkembang menganggap UMKM. Pertama, UMKM sering meningkatkan produksi mereka melalui investasi dan kemajuan teknis. Kedua, karena UMKM biasanya berkinerja lebih baik dalam hal menghasilkan tenaga kerja yang produktif. Ketiga, UMKM lebih fleksibel daripada perusahaan besar, memberi mereka keuntungan.


UD ALFATH adalah pebisnis yang mengkhususkan diri pada kue balok susu dengan rasa cokelat leleh di Malang Raya. Kue khas Kota Batu dapat dibeli di toko-toko dan @wesbbatu. Rumah Susu Kota Batu adalah perusahaan di industri makanan yang sering disebut sebagai kuliner dan souvenir. Letaknya di wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso.. Inisiatif layanan ini bermaksud untuk meningkatkan nilai finansial para pelaku UMKM UD ALFATH yang memproduksi makanan dengan merek "kue balok". 

Berdasarkan temuan wawancara dengan tim PKM yang dikomandoi Oleh Bapak Dr. Shohib Muslim, S.H., M.Hum., M.M. besegrat Tim yang terdiri dari beberapa dosen (Ibu Dr.Khrisna Hadiwinata, S.H., M.H. Ibu Sanita Dhakirah, S.H., M.BA. Ibu Dr. Farida Akbarina, S.E., M.AB. Bapak Pramana Yoga Saputra, S.T., M.Kom dan mahasiswa politeknik negeri malang dengan mitra, ada banyak masalah yang dihadapi, termasuk manajemen bisnis yang kurant profesional sehingga tidak dapat membangun pemasaran. Hal ini disebabkan oleh pesatnya maraknya UMKM sejenis menjadi saingan mitra. Masalah terkait pemasaran mitra meliputi: 1) Branding sekedarnya 2) Tidak ada media pemasaran; 3) Kemasan yang masih perlu mencerminkan identitas pasangan.


Hal ini dipandang perlu untuk memberikan pendampingan agar unit usaha kue balok Kota Batu dalam hal ini pelaku usaha UMKM dapat terus bersaing dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas mengingat lingkungan usaha yang semakin kompetitif dan kondisi pandemi yang selama ini menghambat usaha. Politeknik Negeri Malang bertanggung jawab untuk mendidik masyarakat sebagai sarana penanganan masalah sosial sebagai anggota masyarakat dan lembaga pendidikan. 

Langkah pertama dalam menerapkan aktivitas pengabdian ini adalah melakukan kegiatan pengamatan berulang kali untuk mengumpulkan informasi dan data tentang masalah yang dialami mitra. Pengabdian dilakukan dengan memberikan dukungan yang semakin besar dengan tugas-tugas operasional, seperti pengemasan terkait produksi yang menghasilkan kotak, stiker, dan optimalisasi asset yang sudah ada. bantuan dengan pemasaran dalam kaitannya dengan promosi media dan pemasangan karakteristik produk dengan informasi bisnis yang dapat menggaet konsumen lebih besar.

Bagi pelaku usaha, sertifikasi halal sangat penting. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap barang yang dijual. Tentu saja, sangat penting untuk meningkatkan peran dan kemampuan Pusat Layanan Bisnis Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM), yang menerbitkan sertifikat halal dan mePelaksanaan proyek layanan masyarakat ini dimulai dengan pembuatan kit merek digital, yang mencakup identitas merek, situs web, dan akun Instagram, dan diakhiri dengan visualisasi efek dari bantuan yang diberikan dengan rencana pemasaran digital.


1.Hal pertama yang akan diperhatikan pelanggan adalah identitas merek. Untuk membuat identitas merek semudah mungkin bagi konsumen, itu dibuat sesederhana mungkin sambil tetap memiliki kepribadian. Ada tiga bagian di dalam identitas merek.
2.Logo mengambil identitas merek dengan berfungsi sebagai representasi visual dari sifat-sifat merek.
3.Slogan berfungsi sebagai komponen tambahan logo. Tagline berfungsi sebagai utusan bisnis yang ingin Anda kirim ke klien potensial dan juga meningkatkan kekhasan merek.

Tim PKM kami berharap dengan diberikannya pelatihan ini, UMKM akan terinspirasi untuk bekerja sama lintas industri untuk mendukung bisnis modern. Strategi yang mengacu pada keseluruhan aktivitas UMKM dalam ekosistem bisnis dari hulu ke hilir merupakan cara lain untuk mendukung keberlangsungan UMKM. Kehidupan kita telah beradaptasi dengan era digital, dan praktis semua bentuk kegiatan sekarang dilakukan secara online. Dalam hal pemasaran, banyak pebisnis sudah mulai menyelidiki pemasaran digital. Tim PKM harus terlebih dahulu memahami apa yang diperlukan oleh strategi branding sebelum menggali terlalu dalam penyelidikan mereka. Strategi branding bertujuan untuk mengkomunikasikan cita-cita perusahaan kepada pelanggan. 

Nilai tersebut dipecah menjadi berbagai kategori, mulai dari penggunaan warna tertentu hingga karakteristik nama, logo, merek, atau merek. Taktik branding bertujuan untuk mengkomunikasikan kualitas suatu produk dari perusahaan yang memproduksinya. Ketika satu brand mampu melekat di ingatan setiap orang, branding dikatakan sukses. UMKM UD ALFATH Desa Kepuharjo berhasil menyelesaikan aksi pengabdian masyarakat ini. Menyediakan materi pelatihan, saran, dan bantuan dengan optimalisasi sertifikasi halal dan taktik branding platform digital adalah bagaimana kontribusi komunitas ini dipraktikkan untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Pembuatan film promosi yang sejalan dengan produk dan merek produk, serta peningkatan dan pemasaran produk UMKM, beserta pedoman pembuatan merek, merupakan hasil yang diharapkan dari kegiatan ini. Ini akan memungkinkan merek yang dikembangkan untuk menarik minat publik terhadap barang-barang UMKM dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Selain itu, administrator UMKM yang efektif memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menciptakan branding melalui pelatihan branding.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun