PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK BÂ
DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN Â (1-10) MELALUI PERMAINAN BOWLING Â DI TK INCEN TULANG BAWANG LAMPUNG
Shofiyatun Ningsih1, Syafdaningsih2
, Rina Gusrtiana3
Â
I. Pendahuluan :Â
A. Latar Belakang
- Kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 adalah perubahan positif kecakapan, ketangkasan, bakat, kesanggupan memahami sistem matematika yang abstrak dari urutan 1-10. Apabila kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 tersebut mengalami hambatan maka akan menghambat kemampuan dalam berhitung.Terdapat 5 dari 11 anak yang mengalami kesulitan pada kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 menyebabkan anak tidak bisa mengenal konsep bilangan (1-10 ) karena media yang digunakan hanya berupa LKA dan papan tulis, Oleh karena itu dibutuhkan latihan yang lebih untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dan latihan tersebut diberikan melalui permainan bowling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang diadaptasi dari desain penelitian Hopkins. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan perubahan tindakan melalui permainan bowling dalam memperbaiki kemampuan mengenal konsep bilangan (1-10) anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis refleksi berdasarkan siklus-siklus. Dari temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan (1-10) anak kelompok B TK InCen Tulang Bawang Lampung ditunjukkan dalam siklus I dan siklus II. Kemampuan mengenal konsep bilangan (1-10) siklus I meningkat sebesar 27 % sedangkan siklus II meningkat sebesar 46%.
- Kata kunci: Kemampuan mengenal konsep bilangan, permainan bowling
Â
B. Rumusan Masalah
Apakah Melalui Permainan Bowling dapat meningkatkan Kemampuan Anak Kelompok B Pada Konsep Bilangan ( 1-10 ) Di TK InCen Tulang Bawang Lampung ?
Â
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!