Mohon tunggu...
Shintia Puji Utami
Shintia Puji Utami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Statistika Universitas Airlangga

Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Penghargaan WOW Brand 2023: JNE Menjadi Gold Champion dalam Kategori Courier Service Indonesia

29 Mei 2023   08:00 Diperbarui: 29 Mei 2023   08:12 546
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada bulan Mei 2023, JNE kembali meraih penghargaan bergengsi, yaitu Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service. Acara bergengsi tersebut diselenggarakan oleh Markplus Inc. Lalu, siapa sebenarnya Markplus Inc itu? Nah, Markplus Inc ini mempunyai salah satu divisinya yaitu MarkPlus Insight, merupakan penyelenggara survey Indonesia WOW Brand 2023 dan mendapatkan responden sekitar 6.584 yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. 

Survey yang dilakukan acuannya adalah konsep WOW Marketing, dimana konsep tersebut juga mengadopsi konsep pemasaran dari Prof. Philip Kotler, Father of Modern Marketing. Kemudian, berdasarkan hasil survey tersebut, maka brand-brand terbaik di Indonesia terpilih dan mendapatkan predikat sebagai Indonesia WOW BRAND 2023. 

Sekilas Tentang JNE

Di masyarakat, JNE pasti dikenal dengan jasa pengantaran barang atau paket. Namun, ternyata ada sejarahnya sendiri loh. Jadi, JNE sendiri berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang hanya bergerak pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. Akhirnya, JNE memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. 

Kemudian pada akhir tahun 2012, akhirnya JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Nah awal tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight.

Tahun berikutnya yaitu tahun 2014, JNE mempersiapkan JNE E-Commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Applications, serta membangun 250 kantor operasional untuk memperluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sedari tahun 2015.

Di era seperti saat ini, perilaku pelanggan telah bergeser dari proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi diri sendiri ke proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi secara sosial. Kemudahan akses dalam berbagai hal hanya dalam satu genggaman saja menjadikan beberapa perubahan. Kini hanya dengan klik saja sudah bisa mendapatkan keuntungan yang ingin kita peroleh, tentu saja hal-hal tersebut mengakibatkan kemudahan untuk senantiasa ingin melakukan aksi transaksi jual beli. 

Sebagai salah satu pelanggan setia dari JNE, saya mengakui bahwasanya kinerja yang diberikan oleh pihak JNE sudah sangat baik dalam pelayanannya, tentu saja tidak heran jika akhirnya JNE berhasil menjadi juara dikarenakan menerapkan WOW Marketing berdasarkan skor Rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi dari merek – merek lain di Industri sejenis. Penghargaan ini diterima oleh Kurnia Nugraha, selaku Head of Media Relation JNE Express dan diberikan secara langsung oleh Jacky Mussry selaku Chief Executive Officer MarkPlus, Inc. yang berlokasi di Hotel The Westin, Jakarta pada 11 Mei lalu.

Pada saat acara yang sama untuk ke-delapan kalinya MarkPlus, Inc. mengadakan pestanya orang Brand di Indonesia yaitu conference pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast yang bertema : Branding for the Game Charger. Acara WOW Brand Festive Day 2023 sendiri merupakan sebuah festival pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast di Indonesia yang mengahdirkan sekitar 400 brand enthusiast dari lebih 300 Brand terbaik Indonesia dan diisi oleh pembicara brand expert yang memaparkan konsep Brand terkini. 

Kemudian, dalam kesempatan ini, JNE juga memberikan pemaparan yang dibawakan oleh Kurnia Nugraha, mengenai “Boost Affinity by Brand Collaboration” yang selama ini telah dilakukan oleh JNE sebagai upaya mendukung strategi kolaborasi yang dilakukan oleh JNE.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun