Pada abad ke-21, beragam inovasi teknologi mutakhir telah sepenuhnya mendukung transformasi digital di banyak aspek sosial, termasuk bisnis. Salah satu inovasi tersebut adalah Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang membawa pengaruh signifikan terhadap tata cara kita mengoperasikan bisnis. AI secara langsung menjadi game-changer ketika banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mencapai efisiensi bisnis. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya?
Evolusi Artificial Intelligence
Ketika kita berbicara mengenai AI, akan erat kaitannya dengan fiksi sains yang berevolusi menjadi perangkat yang nyata untuk bisnis. Transformasi ini pun terwujud berkat beberapa faktor spesifik seperti kemajuan ilmu pengetahuan mesin, peningkatan daya komputasi, dan biaya yang murah. Pembelajaran mesin yang menjadi bagian dari teknologi AI berperan penting dalam evolusinya. Kini, algoritma AI mampu menganalisis data masif serta prediksi secara akurat.
Selain itu, peningkatan daya komputasi merupakan salah satu alasan mengapa AI bertransformasi secara instan di era digitalisasi sekarang ini. Sederhananya, daya komputasi dapat mengatasi suatu permasalah melalui data yang diinput oleh pengguna AI. Peningkatan performativitas daya komputasi ke tingkat lanjutan yang mengaktivasi pengembangan model AI yang lebih kompleks. Oleh sebab itu, transformasi teknologi Kecerdasan Buatan menjadi lebih efektif.
Tidak mengherankan apabila biaya pengembangan AI relatif lebih murah. Faktor terakhir terhadap akselerasi teknologi AI hingga secanggih ini adalah kisaran anggaran biaya implementasinya yang telah secara baik menyusut. Hal tersebut tentu akan berakibat positif, yakni menciptakan aksesibilitas tidak terbatas untuk pengembangan spektrum bisnis yang lebih luas. Faktor-faktor tersebut yang menjadi pemegang peranan penting bagi transformasi AI secara langsung berdampak pada transformasi bisnis.
Peningkatan Pengalaman Pengguna
Chatbot berbasis AI semakin marak dipergunakan banyak pengguna demi menunjang kebutuhannya di berbagai aspek. Asisten virtual pun telah merevolusikan pelayanan konsumen dengan menawarkan respon instan dan interaksi yang terpersonifikasi. Fakta ini turut terdukung oleh berbagai aktivasi bisnis perusahaan dan startups yang telah menyadari pentingnya antisipasi kebutuhan konsumen melalui teknologi AI.Â
Pelayanan Finansial & Kesehatan
AI juga berkontribusi terhadap transformasi di sektor finansial untuk mendeteksi penipuan sekaligus algoritma transaksi. Kita bisa merujuk pada Robo Advisor di beberapa platform investasi instan untuk menyediakan layannan investasi personan kepada pengguna. Tidak hanya pada sektor finansial, AI turut menyokong perangkat diagnosa di praktik kesehatan. Sehingga kenyamanan dan keamanan pasien semakin terjaga dan tepat.Â
Pada akhirnya, Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) tidak lagi sekadar menjadi impian belaka, melainkan teknologi futuristik yang nyata. Transformasi nyata dari AI mengikutsertakan transformasi bisnis di dalam perkembangannya dengan segala keunggulannya. Dampaknya sangat nyata terhadap berbagai sektor kehidupan dan pengalaman masyarakat tidak dapat terbantahkan sama sekali. Seiring dengan terus berkembangnya AI, tidak diragukan lagi membuktikan bahwa AI menjadi kekuatan pendorong di balik kesuksesan perusahaan-perusahaan maju di era digital.