Mohon tunggu...
Shinta Kurniawati
Shinta Kurniawati Mohon Tunggu... Guru - Pelayan Masyarakat di SD Negeri Duren Sawit 18

Saya hanya seorang pelayan yang berusaha bisa mendidik dan menuntun anak-anak dengan cinta. Hobi saya sederhana hanya bisa mengungkapkan isi hati dalam bentuk sebuah tulisan dalam kertas warna apapun.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Refleksi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

16 Juni 2022   23:37 Diperbarui: 16 Juni 2022   23:50 8824
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Peristiwa demi peristiwa telah saya dan teman-teman CGP Angkatan 5 ini telah lalui.Senang, panik, atau mungkin terkadang ada lelah menghantui kami. Dari Modul 1.1 hingga modul yang sedang berjalan yaitu modul 1.2 tetap kami buat santai tapi tetap dalam koridor serius, karena kami tetap ingin selalu selamat dan bahagia seperti kata Bapak Instruktur kami menekankan selamat dan bahagia. 

Pada Modul 1.1 dan modul 1.2 terlihat keterkaitan yang teramat mendasar yaitu Implementasi nilai dan peran guru penggerak bagian terpenting dalam mewujudkan merdeka belajar yang merupakan pedoman berprilaku dan bertindak dalam melakukan perubahan ekosistem Pendidikan. 

Semua bertujuan agar murid dapat tumbuh dan berkembang cipta, rasa, dan karsa. Calon Guru Penggerak harus bisa menjadi teladan dan memotivasi untuk memnguatkan kemampuan memerdekakan murid dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mengembangkan potensi murid dengan mengikuiti kodrat alam yang selaras dengan kodrat zamannya.

Kalau ditanya pernah tidak merasa tertantang dalam menjalani setiap materi?Yup...pasti ada apalagi saat waktunya jadwal diskusi melalui link google meet yang siap dibagikan oleh Bapak Fasilitator kami. Saat itulah kami semua harus terlihat kekompakan dalam pembagian tugas maupun dalam berbicara. 

Terutama saya yang senang bicara harus bisa belajar "berpacu dengan waktu". Lebih menntang waktu saat diskusi dibanding waktu pengerjaan tugas pada setiap modul. Semakin materi yang kami dapatkan, ternyata membuat kami berpikir wah begitu besar ya peran yang harus kita jalani dan lakoni sebagai calon guru penggerak yang sesuai dengan nilai-nilai guru penggerak.

Apakah saya mampu menerapkan nilai-nilai guru penggerak yang harus saya miliki dalam menjalani peran calon guru penggerak ini?Sampai detik ini terkadang masih belum percaya saya masih bertahan mengikuti pendidikan Calon Guru Penggerak ini. DEngan banyak peristiwa yang bisa menguatkan kami. 

Lokakarya Orientasi terlewati sampai kemarin tanggal 11 Juni Lokakarya 1 Alhamdulillah terjalani dengan diparingin Allah kelancaran dan tetap selalu kompak walau bertemu dengan kelompok lain dalam satu kelas.Tidak ada kata senior atau junior. kami adalah sama. 

Tetap dalam setiap pembelaharan daring maupun luring harus saya kosongkan gelas yang ada dalam otak dan pikiran saya hingga tidak terbuang saat ada ilmu dan pengetahuan yang masuk. Banyak sekali ilmu yang saya dapat. Banyak sekali pelajaran hidup yang saya peroleh. Terutama pergelutan dengan waktu dan kesabaran manahan keinginan atau kebiasaan demi kepentingan bersama.

Pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak antara lain:

1. Tetap rajin mengikuti pelatihan tentang pembelajaran kurikulum merdeka.

2. Dari pelatihan tersebut tetap selalu ingin mentransfer ilmu yang didapat kepada teman sejawat supaya ilmu yang telah didapat tidak berhenti sampai di saya, dengan berbagi bisa melestarikan ilmu yang telah kita dapat untuk diri sendiri dan orang lain.

3. Merefleksi dann mengevaluasi yang tidak boleh tertinggal dalam managemen kegiatan saya.

4. Tetap menjaga kolaborasi dengan pimpinan dan teman sejawat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun