01/09/2021-Jember, Jawa Timur.
       Covid-19 yang tengah berlangsung hingga saat ini memberikan dampak yang sangat besar pada hampir seluruh aspek kehidupan manusia sehingga menyebabkan banyak hal tidak berjalan sebagaimana mestinya. Salah satu contohnya yaitu dalam bidang pendidikan, perubahan sistem pengajaran yang semula dilaksanakan secara luring sekarang mengharuskan para pelajar dan tenaga pengajar untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring.Â
Hal ini tentunya masih sangat sulit untuk diterapkan secara maksimal khususnya di Indonesia, karena seperti yang telah diketahui, para pelajar khususnya yang berada pada daerah pelosok tidak memiliki sarana yang memadai untuk belajar online. Banyaknya rintangan seperti sulitnya sinyal, tidak adanya handphone dan laptop untuk belajar online,dsb menyebabkan sistem belajar online tidak dapat sepenuhnya diterapkan. Selain itu, ilmu yang diajarkan melalui media online tidak dapat sepenuhnya tersalurkan seperti pada saat belajar secara luring.Â
Hal tersebut tentunya dapat sangat mempengaruhi kualitas belajar terutama untuk anak-anak usia dini. Â Sebagai solusinya, penulis dalam program KKN telah diberikan kesempatan untuk membantu meningkatkan kualitas belajar anak-anak usia dini sebagaimana yang telah dijelaskan.Â
Pada program KKN Universitas Jember tahun ini, kegiatan dilaksanakan dengan berpacu pada konsep BTV (Back to Village) yang mana kegiatannya dilakukan pada kampung halaman masing-masing secara individu baik luring dan daring dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku. Meskipun tema yang diambil merupakan 'Program Literasi Desa pada Masa Pandemi' penulis akan lebih fokus kearah meningkatkan perkembangan apresiasi sastra untuk anak-anak usia dini yang kini terhambat oleh adanya pandemi.Â
Hal tersebut diputuskan setelah melalui beberapa observasi mengenai kasus anak-anak usia dini yang tidak teredukasi dengan baik terutama dalam bidang kreatifitas tulis-menulis yang dapat mempengaruhi tingkat minat baca anak-anak Indonesia sehingga perkembangan moral anak atas pandangan kehidupan sosial di masa mendatang tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.Â
Dengan hasil dari diskusi bersama para wali sasaran, dapat diketahui bahwa beberapa anak memiliki kendala untuk fokus belajar (ketika dilaksanakan secara daring) dan tidak diasupi oleh kegiatan yang dapat membantu merangsang perkembangan anak baik secara psikis dan fisik. Jika terus dibiarkan, hal ini dapat membentuk pribadi anak yang kurang baik secara moral dan dapat mempengaruhi tingkat minat baca anak-anak Indonesia.Â
Sesuai dengan visi dan misi penulis, tujuan diadakannya program kerja ini diharapkan generasi bangsa di masa yang akan datang (dalam kasus ini anak-anak usia dini) dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang sadar akan pentingnya pendidikan moral dan tidak buta akan literasi, sehingga presentase tingkat minat baca anak-anak di Indonesia dapat berkembang kearah yang lebih baik.Â
Selain itu, anak-anak juga diharapkan dapat berkreasi dan terlibat dalam cipta karya sastra yang dapat membantu meningkatkan kreatifitas anak-anak dalam bidang tulis-menulis.
Secara spesifik target yang dibimbing adalah anak-anak usia dini dengan rentang usia 3-11 tahun yang bertempat tinggal di Perumahan Graha Permata Indah, Kelurahan Keranjingan, Jember, Jawa Timur. Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses melalui link berikut : https://sd.unej.ac.id/
      Gambaran program yang akan dilaksanakan akan berfokus untuk menggali lebih dalam kreatifitas anak-anak dalam bidang tulis menulis melalui berbagai macam kegiatan yang sangat menarik. Rancangan kegiatan yang akan saya lakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Melakukan sosialisasi platform online, 2. Pengenalan sastra dan aktifitas merespondnya, 3. Kegiatan apresiasi sastra melalui perlombaan, dan 4. Pemberian feedback akhir oleh sasaran.Â