Berbicara tentang entrepreneurship di jaman dulu (sebelum era internet), dengan jaman sekarang (banyak orang menyebutnya "Jaman Now") tentu berbeda. Berwirausaha di jaman dulu serba manual, jangkauan terbatas, dan lambat. Tapi di jaman sekarang, berwirausaha dengan dukungan teknologi digital, jangkauannya tak terbatas, dan dapat dilakukan dengan cepat. Bahkan batas kota atau negara sangatlah tipis, karena informasi dapat tersampaikan dalam hitungan detik.
Di era sekarang ini melakukan aktifitas bisnis bisa kita lakukan sambil minum teh dan ditemani pisang rebus di beranda rumah dan hanya dengan sebuah gawai (gadget) saja.Â
Dengan alat kecil ini kita bisa melakukan banyak hal; mulai pelayanan transportasi, makanan, pembelian/penjualan segala macam produk dan jasa, dan banyak hal lain yang mungkin pada era dulu dilakukan harus bertemu dengan konsumen/klien di kantor. Belum lagi jika jalanan macet, dan lain sebagainya. Inilah efek sebuah terobosan (breaktrough) Â dari teknologi internet.
Oleh karena itu, dengan menggunakan smartphone (telephone pintar), generasi jaman sekarang sudah seharusnya bisa memilih, mana aktifitas yang bermanfaat atau tidak. Karena dunia maya menyajikan banyak hal, baik positif maupun negatif.
Melihat realitas jaman sekarang yang sarat kemudahan karena teknologi, dunia entrepreneurship perlu kita sikapi secara cerdas. Ada empat (4) point yang menurut saya menjadi kunci sukses berwirausaha di jaman now.
1. Kuasai Teknologi
Di jaman now masih gaptek (gagap teknologi)?  Janganlah. Penguasaan teknologi informasi ini sangat krusial (penting), karena ini menjadi alat untuk melakukan aktifitas usaha kita. Tanpa penguasaan teknologi, terlalu besar resiko yang harus kita hadapi. Belum lagi banyaknya competitor (pesaing) yang semakin canggih dalam melakukan aktifitas usahanya.
2.Kreatif
Menguasai teknologi informasi tidaklah cukup. Kreatifitas juga dibutuhkan untuk membangun strategi usaha. Menurut saya, kreatifitas adalah senjata multi guna dan bisa diterapkan pada jenis usaha, dan kesempatan kapan saja. Tanpa kreatifitas, usaha kita akan monotone, stagnan dan akhirnya akan menemui ajalnya. Dengan kreatifitas, usaha kita semakin dinamis, kratif, dan mampu menjawab tantangan jaman yang semakin kompleks.
3. Ulet
Keuletan dalam berusaha sangat dibutuhkan, agar kita tidak lemah dan putus asa ketika mengalami kegagalan. Harland Sanders, pemilik KFC (Kentucky Fried Chicken) adalah sosok entrepreneur sangat ulet.Â