Mohon tunggu...
Shindi Aulia
Shindi Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

program studi pendidikan teknik elektro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Etika dan Kesopanan di Tempat Kerja: Pilar Kesuksesan Profesional

30 November 2023   20:28 Diperbarui: 30 November 2023   20:53 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Etika dan kesopanan sangat penting untuk membuat lingkungan kerja yang sehat dan produktif. Etika di tempat kerja terdiri dari prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang mengatur bagaimana setiap orang berperilaku dan berinteraksi dengan rekan kerja mereka. Sebaliknya, kesopanan adalah cara seseorang berperilaku dengan menghormati orang lain dan mempertahankan hubungan yang baik dengan mereka. Kita tidak boleh mengabaikan etika dan kesopanan di tempat kerja merupakan pilar kesuksesan profesional.

Di sekitar kampus Universitas Negeri Semarang, terdapat banyak kafe, dan warung burjo. Mahasiswa menyukai tempat-tempat ini untuk berbagai aktivitas, seperti mengerjakan tugas kuliah dan mengadakan pertemuan kelompok. Demi kenyamanan pelanggan, pekerja burjo harus meningkatkan dan menerapkan etika berbahasa yang sopan. Hubungan antara etika bahasa dan masyarakat sangat erat dengan aturan sosial yang berlaku, norma budaya, dan bahasa yang digunakan.

Pada tanggal 7 November 2023 kelompok 12 melakukan observasi di suatu tempat yaitu Jl. Patemon No.1, Patemon, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50288 dengan audiens karyawan atau pekerja burjo. Dalam pelaksanaanya, kami menyampaikan etika dan kesopanan di tempat kerja. Etika dan kesopanan di tempat kerja merupakan pilar kesuksesan profesional yang tidak boleh diabaikan.

Dalam kegiatan observasi ini, pekerja burjoin memahami topik yang kami sampaikan, yaitu bagaimana etika dan kesopanan yang dilakukan di tempat kerja. Sebagaimana mencakup tentang cara pekerja melayani para pelanggan dengan baik.

"Setelah kami menyampaikan, apakah kakak semua memahami tentang konteks ini?" ucap Anik.

"Paham mba, setelah ini kami akan menerapkan kepada pelanggan." ucap pekerja burjo.

Selanjutnya kami melihat interaksi yang dilakukan antara pekerja burjoin dengan pelanggan. Terlihat pekerja burjo menerapkan etika dan kesopanan ke pelanggan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun