Mohon tunggu...
Shifa Rauda
Shifa Rauda Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Reticle Bag - Clear Pocket and Multifunction Bag

1 Juni 2017   14:00 Diperbarui: 1 Juni 2017   14:13 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Perkenalkan, saya Shifa Rauda mahasiswi Ilmu Administrasi Niaga Universitas Indonesia. Untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Kewirausahaan, saya merancang Future Development dengan bentuk Model Bisnis Kanvas. Selamat membaca!

Perkembangan dunia fashion yang selalu berubah mengikuti setiap perkembangan zaman akan memberikan trend tersendiri bagi bidang fashion, salah satu produk fashion ialah tas. Tas yang merupakan bagian dari bidang fashion saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh masyarakat dalam melakukan segala aktivitasnya. Tas sebagai salah satu produk fashion tidak hanya mengandalkan kebutuhan konsumen, melainkan juga memenuhi keinginan dan permintaan konsumen.

Di era sekarang, banyak konsumen  khususnya remaja yang menginginkan tas dengan bentuk yang simple dan tidak terlalu formal sehingga dapat digunakan untuk beragam situasi. Keinginan untuk memiliki tas dalam berbagai fungsi ini kerap kali dijumpai dalam kalangan remaja wanita  dimana mereka membutuhkan dan menginginkan model tas wanita yang tetap fashionable namun dapat memenuhi barang bawaan yang cukup banyak, seperti laptop, notes, makeup pouch, dan sebagainya tanpa harus membawa tas lainnya. Banyaknya barang bawaan ini juga terkadang menyulitkan konsumen tas dalam mencari barang yang dibawa dalam tas sehingga membuat isi tas menjadi berantakan ketika mencari barang tersebut. 

Keinginan untuk memiliki tas yang selalu terlihat berbeda dan unik pun kerap dirasakan oleh konsumen seperti sistem custom yang ada namun sistem ini hanya terbatas untuk model tas tertentu. Maka dari itu, produk “Réticle Bag” hadir  sebagai future development dari Wibag yang pernah kami produksi dimana dalam pengembagannya kami merubah model tas totebag menjadi backpack  sekaligus dapat dijadikan slingbag untuk membantu menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh konsumen tas, dimana produk ini hadir dengan multifungsi, organizer, serta inovasi terbaru dalam menampilkan tas yang terlihat berbeda dengan adanya ‘clear pocket’ yang juga dapat diisi dengan changeable card design sehingga tas akan terlihat berbeda setiap digunakan dan tas akan bersifat ‘personlized’.

Business Canvas Model

a. Value Proposition

Produk “Réticle Bag” hadir dengan menawarkan beberapa keunggulan, diantaranya: 1) Multifunction, dimana produk ini memiliki dua fungsi sekaligus, sebagai tas backpack dan juga slingbag. Produk ini kami design dengan model yang telah disesuaikan sehingga cocok untuk dijadikan backpack dan juga slingbag sehinga konsumen dapat menggunakan satu tas dalam setiap kondisi , 2) Organizer, dimana produk ini memiliki 2 slot utama di dalamnya yang mana satu slot special sebagai slot menyimpan laptop dan beberapa pocket yang terdapat di dalam sebagai organizer barang-barang penting dan mudah terselip, seperti pulpen, handphone, powerbank, dompet, dan lain sebagainya, 3) Practice and Simple. Produk ini memiliki kemudahan dalam penggunaannya dimana dalam merubah fungsi yang ada produk kami menawarkan cara yang berbeda dari produk lainnya yang sudah ada, dimana kami tidak menggunakan ring sebagai ‘pengait’ pemindah tetapi kami menggunakan tali yang sama dalam backpack dan slingbag sehingga konsumen akan lebih efisien dalam menggunakannya tanpa perlu melepas pasang tali yang ada dan hanya perlu menyesuaikan panjang tali sehingga akan lebih praktis, 4) Changeable Card Design. Dalam produk ini kami memiliki inovasi yang masih jarang ditemui, dimana kami tas kami memiliki “bagian” yang dapat diisi dengan bebagai jenis card atau design lainnya yang dapat membuat tas terlihat berbeda setiap kali digunakan.

b. Customer Segments

Dengan value proposition yang telah disebutkan sebelumnya  produk “Réticle Bag” akan menargetkan kalangan wanita baik dari remaja hingga dewasa dengan usia 16-28 tahun sebagai customer segment kami. Hal ini dikarenakan kami menilai segment tersebut telah memiliki kebutuhan dan keinginan yang tinggi akan tas yang multifungsi dan tetap fashionable.

c. Customer Relationship

Untuk membangun kesan yang baik dengan konsumen produk “Réticle Bag” akan melakukan customer relationship melalui broadcast dalam Official Account Line kami yang ditujukan kepada adders dan konsumen mengenai informasi produk maupun promo atau diskon yang sedang ada di “Réticle Bag”, sehingga akan terjalin komunikasi baik sebelum, saat, dan sesudah penjualan dengan konsumen. Selain itu customer relationship kami lakukan dengan personal assistant yang dapat membantu konsumen dalam melakukan pembelian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun