Wonogiri (31/07/2023) - Di tengah era digital yang semakin berkembang pesat, potensi e-commerce sebagai sarana untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin menjanjikan. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro turut berperan dalam mendukung perkembangan UMKM di wilayah Kelurahan Beji, Wonogiri. Dalam upaya mendorong pemanfaatan potensi e-commerce secara optimal, saya selaku mahasiswa KKN Undip memulai inisiatif yang inspiratif untuk membantu pemberdayaan ekonomi ibu-ibu rumah tangga di lingkungan Beji. Program yang digelar merupakan pendampingan pembuatan akun berjualan di platform e-commerce Shopee dan Tokopedia bagi para ibu-ibu Lingkungan Beji.
Perkembangan teknologi informasi dan internet telah membuka peluang besar bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan dan mencapai pasar yang lebih luas melalui platform e-commerce. Namun, masih banyak UMKM yang belum mampu memanfaatkan potensi tersebut karena beberapa kendala, seperti kurangnya pemahaman tentang e-commerce, keterbatasan keterampilan teknologi informasi, dan kebutuhan akan pelatihan dan dukungan dalam memahami mekanisme berjualan secara online. Menanggapi permasalahan tersebut, saya merancang program pendampingan khusus yang difokuskan pada ibu-ibu Lingkungan Beji. Asalan target ibu-ibu Lingkungan Beji yang menjadi target dikarenakan sebagai salah satu kelompok potensial dalam mengembangkan usaha mereka melalui e-commerce.Â
Pada hari Jumat (28 Juli 2023), program pendampingan pembuatan akun berjualan di platform e-commerce dilaksanakan. Ibu-ibu Lingkungan Beji dikumpulkan di Ruang Serbaguna Lingkungan Pudak untuk mengikuti program tersebut. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar tentang berjualan di platform e-commerce Shopee dan Tokopedia. Dengan demikian ibu-ibu tersebut dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan dari usaha mereka.
Pendampingan dimulai dengan sesi pemberian materi mengenai pengertian dan pentingnya e-commerce di dunia bisnis masa kini. Kemudian, manfaat dari penggunaan platform e-commerce dan menjelaskan dua platform e-commerce terbesar di Indonesia, yaitu Shopee dan Tokopedia. Selanjutnya, penjelasan mengenai langkah-langkah dari awal pembuatan akun penjual di Shopee dan Tokopedia dan cara mengunggah foto produk.Â
Setelah pemberian materi tersebut, mulai sesi pelatihan dasar cara membuat akun penjual di Shopee dan Tokopedia, mengunggah foto produk, dan menentukan harga.Â
Selain itu, mahasiswa KKN juga membantu ibu-ibu dalam mengidentifikasi produk unggulan mana yang lebih cocok untuk dijual di platform e-commerce, Shopee atau Tokopedia. Kegiatan ini ditutup dengan sesi interaktif tanya-jawab perihal langkah-langkah pembuatan akun berjualan. Ibu-ibu yang berpartisipasi dalam program ini merasa sangat antusias dan bersemangat untuk belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh ibu-ibu Lingkungan Beji yang menghadiri program tersebut.
Program pendampingan dan pelatihan pembuatan akun berjualan di Shopee dan Tokopedia ini diharapkan menjadi langkah awal yang berarti dalam mendukung perekonomian masyarakat, khususnya ibu-ibu di Lingkungan Beji. Keberlanjutan program ini diharapkan membuka peluang baru bagi para ibu untuk mengembangkan usaha, memberikan dampak positif bagi perekonomian keluarga, dan komunitas secara keseluruhan.
Penulis : Shifa Rizkia Yubaidillah, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 12020120130191, KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023.
DPL : (1) Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D. (2) Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn. Â (3) Dr. Eng. Samuel, S.T., M.T.
#p2kkn #kknundiptim2 #lppmundip #undip
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H