Mohon tunggu...
Shifa Hidayati
Shifa Hidayati Mohon Tunggu... -

Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki, karena belum tentu orang lain mempunyai apa yang kita miliki.\r\n\r\n@Shifa19_Hazard

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Susahnya jadi Pemimpin

14 April 2013   18:09 Diperbarui: 24 Juni 2015   15:12 353
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Semasa SMA saya sempat menjadi seorang wakil pradani putri (Ketua Pramuka), Banyak yang di korban setelah menjadi seorang leader yaitu waktu jadi jarang maen jadi jarang ngumpul bareng temen dan keluarga. Susahnya menjadi pemimpin itu saya rasakan ketika mendapatkan cobaan. Masalah demi masalah datang bertubi-tubi. Terkadang rasanya ingin berhenti menjadi seorang pemimpin tapi kita ya ga boleh menyerah begitu aja, dan alhamdulillah saya tidak menyerah begitu saja.

Masalah pertama datang ketika saya sudah beberapa lama menjabat menjadi seorang leader, masalah ini terberat kedua yang pernah saya alami yaitu ketika anak-anak melakukan hal yang agak membuat pembina kita khawatir yaitu ketika anak-anak melakukan kegiatan kemping tanpa sepengetahuan pembina dan sekolah, atau bisa disebut kemping bebas sampai-sampai pembina kita keluar atau berhenti menjadi pembina, ketika kejadian itu saya selaku leader minta maaf dan memohon kembali agar ibu pembina kembali lagi menjadi pembina di ambalan kami, tetapi ibu ga mau karena menurutnya yang salah itu bukan perempuan tetapi yang salah itu di anak-anak laki-lakinya, sesudah itu setiap hari saya dan semua anak-anak selalu minta maaf sama ibu dan akhirnya ibu mau memaafkan kita :)

Masalah yang paling berat yang pertama yang pernah saya alami ketika anak-anak didik saya tidak bisa bantara sampai sekarang saya kuliah :( itu hal yang paling menyakitkan. Sebenarnya saya selaku leader tidak salah yang salah itu pihak sekolah yang selalu tidak memberikan izin dan saya ga tau sampai sekarang alasannya kenapa. Tidak tahu gara-gara biaya atau apapun. Tetapi ketika sekolah bilang karena harinya ga pas saya langsung mengganti proposal dan jadwal kegiatannya ketika hari libur dan al hasil masih tidak di ijinkan juga, dan saya ga tau sampai sekarang kenapa. Tapi ketika saya tanya alhamdulillah sekarang mereka sudah menjadi bantara, alhamdulillah :)

Masalah masalah lain yaitu ketika perlombaan dan tidak bisa juara. Dan masih banyak lagi masalah kecil lainnya. PELAJARAN YANG SAYA DAPATKAN KETIKA MENJADI SEORANG LEADER YAITU “ KETIKA MENDAPATKAN MASALAH JANGAN PERNAH MUDAH MENYERAH, SETIAP MASALAH PASTI ADA JALAN KELUARNYA, SABAR, OPTIMIS, BELAJAR DARI KESLAHAN TERDAHULU, MERUBAH UNTUK MENJADI LEBIH BAIK, DAN LEBIH MENINGKATKAN KUALITAS ORGANISASI”

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun