Bagaimana strategi yang tepat dalam Pengembangan Pemasaran?
Apakah kalian tahu? strategi pemasaran sangat penting untuk mencapai suatu keberhasilan pada sebuah bisnis. Tanpa adanya strategi pemasaran, maka akan lebih sulit dalam mengembangkan bisnis. Produk yang memiliki kualitas yang baik tidak akan bisa menghasilkan keuntungan jika tidak diiringi dengan strategi pemasaran.
Sebagaimana kita ketahui bahwa strategi pemasaran menentukan keberhasilan perusahaan, disamping itu pasar dan lingkungan harus ditinjau dan dikembangkan dengan perkembangan pasar.
Dengan demikian, strategi pemasaran harus memberikan gambaran terarah dan jelas mengenai hal apa yang dilakukan perusahaan dalam setiap kesempatan pada pasar sasaran.
Contoh bisnis yang berhasil dalam strategi pemasaran
Contoh bisnis yang membuat strategi pemasaran yaitu salah satunya Spotify. Diera digital ini mungkin sudah tidak asing dengan kata Spotify, dalam aplikasi tersebut kita dapat membuat konten baru salah satunya adalah membuat podcast. Berbeda dengan platform streaming lain dalam Spotify ini tidak hanya dapat mendengar music biasa tetapi menawarkan pengalaman baru kepada para pendengar. Misal, kita dapat mencari music berdasarakan yang kita inginkan apakah olahraga, tidur, bermain atau yang lainnya.
Dimasa pandemic covid-19 ini kita dapat memanfaatkan media social untuk mengembangkan strategi pemasaran. Media social yang dapat kita kembangkan seperti, Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dapat menjadi senjata dalam melakukan pemasaran produk. Tidak hanya memasarkan dan menjual barang tetapi bisa digunakan untuk membangun citra suatu perusahaan.
Keuntungan Penerapan Strategi Pemasaran
Seperti yang sudah dijelaskan, penerapan strategi pemasaran dapat membawa banyak keuntungan.
Lalu apa keuntungan yang bisa didapatkan?
Keuntungannya yaitu dapat meningkatkan penjualan, perusahaan yang berkelanjutan dihasilkan oleh pertumbuhan yang pesat, serta apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para pelanggan dapat terpenuhi.
Suatu perusahaan harus mengetahui bahwa produk yang ditawarkan memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain agar perusahaan tersebut mendapatkan strategi pemasaran yang efektif.
Hal yang paling penting dalam melakukan strategi pemasaran yang efektif yaitu fokus dengan komunikasi baik secara tradisional maupun virtual.