Sebuah Tim adalah unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mengoordinasikan pekerjaan mereka untuk mencapai tujuan bersama yang dengannya mereka berkomitmen dan membuat diri mereka saling bertanggung jawab. Anggota tim harus mengoordinasikan upaya mereka dan bekerja secara saling tergantung untuk menyelidiki, merancang, menguji, dan mengembangkan mesin pencari baru. Tim pengembangan adalah unit yang berbeda dengan keanggotaan terpisah dari tim lain.
Sebuah tim adalah sekelompok orang, tetapi keduanya tidak satu dan sama. konsep kerja tim menyiratkan bahwa orang menyublimasikan kebutuhan, keinginan, dan ego individu mereka dan mensintesis pengetahuan, keterampilan, dan upaya mereka untuk mencapai tujuan bersama.
Tim dapat memberikan manfaat bagi organisasi dan karyawan melalui produktivitas yang lebih tinggi, peningkatan kualitas, fleksibilitas dan kecepatan yang lebih besar, struktur manajemen yang lebih datar, peningkatan keterlibatan dan kepuasan karyawan, dan pergantian yang lebih rendah.
Pemimpin dapat menggunakan beberapa karakteristik struktur tim dan konteks untuk memengaruhi kekompakan. Pertama adalah interaksi tim. Ketika anggota tim sering berhubungan, mereka saling mengenal, menganggap diri mereka sebagai satu unit, dan menjadi lebih berkomitmen pada tim. Kedua adalah konsep tujuan bersama. Ketika anggota tim menyetujui tujuan dan arahan, mereka akan lebih kohesif.
Hasil dari keterpaduan tim dapat dibagi ke dalam dua kategori --- moral dan kinerja. Sebagai aturan umum, moral lebih tinggi dalam tim kohesif karena peningkatan komunikasi di antara anggota, iklim tim yang bersahabat, pemeliharaan keanggotaan karena komitmen terhadap tim, loyalitas, dan partisipasi anggota dalam keputusan dan kegiatan tim Groupthink kecenderungan orang dalam kelompok yang kohesif untuk menekan pendapat yang bertentangan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H