Kesehatan masyarakat merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang cara meningkatkan kesehatan dan taraf hidup masyarakat. Jurusan ini lebih mengacu pada pencegahan penyakit dan mempromosikan gaya hidup sehat. Dalam jurusan ilmu kesehatan masyarakat masih dibagi lagi kedalam beberapa bagian. Yakni kesehatan reproduksi, epidemiologi, kesehatan lingkungan, promosi kesehatan, K3, gizi, dan lain sebagainya. Adapun lulusan kesehatan masyarakat, atau S.Km memiliki banyak peluang dalam jenjang karirnya. Seperti bekerja di perusahaan swasta, dinas lingkungan, dinas kesehatan, rumah sakit, klinik, atau yang paling sering adalah di puskesmas.
Puskesmas sendiri merupakan pusat pelayanan kesehatan umum pada masyarakat. Yang mana selain melayani masyarakat, puskesmas juga berperan untuk memberikan edukasi kesehatan dasar kepada masyarakat. Pelayanan di dalam puskesmas juga terbagi menjadi beberapa bagian, seperti program kesehatan ibu dan anak (KIA), program keluarga berencana (KB), program gizi, program pengobatan, program pemberantasan penyakit, program kesehatan lingkungan, dan program perawatan kesehatan masyarakat.Â
Seperti salah satu puskesmas yang terletak di daerah Licin, Kabupaten Banyuwangi yang saya kunjungi dalam rangka memenuhi tugas kuliah saya beberapa hari yang lalu. Disana saya mengamati bagaimana jalannya prosedur yang ada di puskesmas. Mulai dari antrian, pemeriksaan, hingga pengambilan resep obat. Semua berjalan sesuai prosedur dan arahan yang ada. Petugas kesehatan pun tampak ramah dalam menyambut dan melayani setiap pasien yang ada. Â
Selanjutnya untuk memperdalam pengamatan saya mewawancarai kepada salah satu ibu pegawai yang ada di sana tentang bagaimana peran kesehatan masyarakat di dalam sistem pelayanan kesehatan yang ada di puskesmas. Dalam wawancara tersebut beliau menuturkan bahwa tidak dapat dipungkiri, kesehatan masyarakat merupakan aspek penting yang tidak dapat ditinggalkan dalam sistem kesehatan. Peran kesehatan masyarakat penting untuk mengatur bagaimana cara sistem pelayanan kesehatan yang baik, maupun penerapan komunikasi yang efektif kepada pasien.
Komunikasi yang baik terhadap pelayanan kesehatan sangat penting untuk diterapkan kepada pasien maupun masyarakat. Tanpa komunikasi yang efektif  pelayanan dan edukasi kepada masyarakat tidak dapat tersampaikan dengan baik. Akan tetapi cara berkomunikasi kepada masyarakat ada aturan yang berbeda di setiap lokasinya . Seperti pada masyarakat desa yang mana harus menerapkan komunikasi dengan berbahasa sesuai apa yang mudah dipahami oleh mereka. begitupun pada masyarakat kota atau daerah-daerah yang lain. Semua sistem atau tata cara pelayanan kesehatan akan mengikuti adat daerah setempat yang mudah dipahami oleh mereka. Maka dari itu, peran generasi kesehatan masyarakat sangat diperlukan dalam dunia kesehatan guna menjalin komunikasi yang baik antara masyarakat kepada petugas kesehatan agar sistem berjalan dengan baik dan program-program dapat terlaksana dengan baik pula.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H