1. Kepemimpinan
Setiap manusia memiliki jiwa memimpin, begitu juga dengan instansi pasti memiliki sosok ketua atau pemimpin yang mengatur bagaimana cara instansi yang dipimpinnya menjadi instansi yang sejahtera dan berkualitas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2024) pengertian kepemimpinan adalah perihal pemimpin atau cara memimpin. Kepemimpinan merupakan faktor yang memberi pengaruh terhadap keberhasilan organisasi, menerima perubahan dan mengetahui langkah-langkah praktisnya diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat, Meskipun seorang pemimpin adalah individu yang memegang posisi tersebut, kepemimpinan adalah tindakan atau tanggung jawab seorang pemimpin. mengemukakan bahwa tidak mungkin sebuah organisasi dapat berjalan tanpa seorang pemimpin (Suryani , 2023:13).
Menurut (Sastra, Eka dan Agus, 202:41) menyatakan bahwa: “Kepemimpinan adalah tentang mempengaruhi sikap dan perilaku bawahan, memungkinkan mereka untuk bekerja sama, sehingga membentuk kolaborasi yang harmonis berdasarkan efisiensi dan efektivitas untuk mendapatkan data produktivitas kerja berdasarkan hasil yang telah ditentukan”.
1.2 Fungsi Kepemimpinan.
Dalam konteks pendidikan, fungsi kepemimpinan juga mencakup beberapa aspek tambahan yang diidentifikasi oleh Kemendikbud:
- Fungsi Pengembangan Profesional
- Fungsi Motivasi dan Dukungan
- Fungsi Menciptakan Lingkungan Belajar yang Positif
2. Kepala Sekolah
Seorang kepala sekolah memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan, menjadi sosok yang memimpin dan mengelola segala aspek operasional dan strategis di Sekolah. Dalam menjalankan tugasnya, kepala Sekolah bertanggung jawab untuk merencanakan program-program pendidikan, memastikan pelaksanaan kurikulum berjalan dengan baik, serta memantau dan mengevaluasi kinerja guru dan staf. Selain itu, kepala sekolah juga berfungsi sebagai pengambil keputusan penting yang mempengaruhi kemajuan dan kualitas pendidikan di Sekolah. Dengan keterampilan kepemimpinan yang kuat, kepala Sekolah berupaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mendukung pengembangan profesional Guru, dan meningkatkan prestasi siswa, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan optimal.
Kepala sekolah yang berhasil adalah mereka yang memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik serta mampu melaksanakan peranan kepala sekolah sebagai seorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin sekolah.
Menurut (Jeihan, Shalahudin , & Jamilah, 2022:54) menjelaskan bahwa: "Kepala Sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala Sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana".
3. Kepemimpinan Kepala Sekolah
Kepemimpinan Kepala Sekolah mencakup kemampuan untuk memandu dan mengelola seluruh aspek operasional serta strategis dalam lingkungan Sekolah. Dia tidak hanya bertindak sebagai administrator, tetapi juga sebagai inspirator dan motivator bagi seluruh komunitas Sekolah. Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengawasi berbagai aktivitas di sekolah guna mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.