Mohon tunggu...
Shanti AlifahSalma
Shanti AlifahSalma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa prodi akuntansi di salah satu universitas swasta di Solo yaitu Universitas Slamet Riyadi atau sering dikenal dengan UNISRI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Performance Public Relation

11 Desember 2023   17:32 Diperbarui: 11 Desember 2023   17:34 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Public Relations (PR) adalah praktik manajemen komunikasi yang bertujuan untuk membangun dan memelihara hubungan positif antara suatu organisasi atau individu dengan publiknya. Performance Public Relations merujuk pada sejauh mana kegiatan PR mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, seperti meningkatkan citra merek, mendukung visi misi organisasi, atau merespons isu-isu yang mungkin mempengaruhi persepsi publik.

Performa Public Relations (PR) yang baik melibatkan beberapa elemen kunci, termasuk:

a. Komunikasi Efektif: Kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan meyakinkan kepada berbagai pemangku kepentingan.

b. Pemahaman Terhadap Audiens: Mengetahui dan memahami audiens target, serta mengadaptasi pesan dan strategi PR sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

c. Transparansi: Keterbukaan dalam berkomunPerformance Publik Relationikasi, termasuk mengakui kesalahan jika terjadi dan memberikan informasi yang akurat.

d. Membangun Hubungan: Mampu membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan media, pelanggan, karyawan, dan pihak-pihak terkait lainnya.

e. Manajemen Krisis: Kemampuan untuk mengelola dan merespon situasi krisis dengan cepat dan efektif.

f. Kreativitas: Menyajikan pesan dengan cara yang inovatif dan menarik, agar dapat menonjol di tengah kebisingan informasi.

g. Konsistensi Branding: Memastikan bahwa semua komunikasi PR sesuai dengan nilai dan citra merek perusahaan.

h. Analisis dan Evaluasi: Melakukan analisis reguler terhadap efektivitas kampanye PR dan melakukan perubahan yang diperlukan berdasarkan hasil evaluasi.

i. Kolaborasi Tim: Bekerja sama secara efektif dengan tim internal dan eksternal untuk mencapai tujuan PR.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun