Mohon tunggu...
Shana Diva Santosa
Shana Diva Santosa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Undergraduate Law Student at Parahyangan Catholic University. I am always active in looking for new challenges and opportunities in life so that I can gain more experience and broadened my perspective towards the state of society

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasca Geladi Hominisasi

25 Oktober 2022   09:34 Diperbarui: 25 Oktober 2022   09:44 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Acara geladi memberikan tiga macam tugas, yaitu pra geladi, geladi, dan pasca geladi. Tugas pra geladi berisi pertanyaan yang mencakup peran generasi muda terhadap bangsa kita ini. 

Saat geladi hominisasi, kita dibimbing untuk mengenal budaya Indonesia lebih baik, dibimbing untuk berpikir secara logis, dan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Geladi hominisasi merupakan wadah bagi mahasiswa dan mahasiswi dalam mengaspirasikan kreatifitas mereka. Saya sebagai peserta geladi merasa sangat didukung oleh berbagai macam pengarahan, dan fasilitas dari pembimbing yang kerap mensupport dan merevisi hasil kerja mahasiswa dan mahasiswi. 

Selama berlangsungnya acara, mahasiswa dan mahasiswi terus dibimbing untuk berpikir secara logika dan berbahasa, dengan tujuan melatih diri kita dalam berpikir logis, kritis, dan rasional, berbahasa yang satu bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah satu-satunya bahasa yang dapat mempersatukan warga Indonesia dalam berkomunikasi antar suku bangsa.

Berkat kegiatan geladi hominisasi ini saya dapat mengasah banyak sekali soft skill dalam waktu yang terbilang sangat singkat. Dimulai dari berkomunikasi dengan orang baru, berpikir kritis, berpikir kreatif, berpikir rasional, berani berbicara di depan umum, bekerja dengan time management yang ketat, bekerja sama dengan tim, dan mengenal banyak hari nasional. 

Soft skill tersebut dapat saya terapkan kedepannya dalam menjalani kehidupan saya sehari-hari sebagai mahasiswi. Dengan jadwal kuliah dan jadwal pribadi yang cukup padat saya dapat menerapkan time management, berpikir kritis dan kreatif untuk mengatur kegiatan saya seperti yang dilatih dalam kegiatan geladi. Tak lupa saya akan berbahasa sebagai warga negara Indonesia dalam berkomunikasi, karena saat ini saya berada di lingkungan yang multikultural. 

Lingkungan saya dipenuhi oleh masyarakat Indonesia dari berbagai daerah yang memiliki bahasa daerahnya masing-masing. Dengan berbahasa Indonesia, saya dapat menghubungkan diri saya dengan orang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun