Mohon tunggu...
Shakina Permata Mulida
Shakina Permata Mulida Mohon Tunggu... Administrasi - Saya merupakan mahasiswi semester 2 Administrasi Bisnis di Universitas Brawijaya,

Saya adalah pribadi yang menyukai dunia public speaking dan aktif berorganisasi. Saya mengenali potensi yang ada pada diri saya untuk berkreativitas khususnya dalam mengembangkan hobi yaitu menulis.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Digital Marketing sebagai Penekan Angka Kemerosotan Pendapatan UMKM Pascapandemi, Kok Bisa?

9 Juni 2022   19:50 Diperbarui: 9 Juni 2022   21:58 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
UMKM "Discimage Screen Printing" di Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Dokumen Penulis)

"Revolusi Industri 4.O merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama."

Melalui kutipan Kementerian Perindustrian Negara Republik Indonesia, bisa dilihat bahwa di era saat ini, digital marketing di Indonesia harus dikembangkan melalui Revolusi Industri.

Revolusi Industri 4.O melahirkan suatu konsep marketing modern yang berguna bagi usaha masyarakat khususnya kalangan kecil dan menengah, yaitu marketing 4.O. Tahap ini memanfaatkan konektivitas antara teknologi online untuk meningkatkan produktivitas pemasaran dan menjangkau target lebih luas.

Dalam penelitian McKinsey, salah satu pemicu konsep marketing 4.O adalah inovasi produk teknologi online berupa interaksi di media sosial.

UMKM dan Pandemi

Meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya keterlibatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4, UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara dalam menyediakan jaringan pengaman untuk menjalankan kegiatan ekonomi khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Selain itu, peranannya juga mampu memperluas penyerapan dan kesempatan kerja serta menciptakan lowongan pekerjaan.

Di saat ekonomi terganggu karena pandemi Covid-19, UMKM yang berperan penting sebagai motor penggerak ekonomi Indonesia. Dari data 2018, UMKM tercatat telah menyumbang 60,34% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Besar bukan?

Kreatif dan Inovatif di Era Kompetitif

Pandemi Covid-19 mengubah perilaku konsumen dan peta kompetisi bisnis yang perlu diantisipasi oleh para pelaku usaha akibat adanya pembatasan kegiatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun