Tiktok adalah sebuah aplikasi media sosial yang membuat penggunanya menonton, dan berbagi video pendek. Dalam Tiktok, pengguna dapat menambahkan musik, efek, dan filter pada video mereka, yang sering kali berdurasi antara 15 detik hingga 1 menit. Aplikasi ini sangat populer karena menawarkan berbagai jenis konten, mulai dari tarian dan lip-sync hingga tutorial dan komedi. Tiktok menggunakan algoritma cerdas untuk menampilkan video yang sesuai dengan minat setiap pengguna, sehingga setiap orang bisa menemukan konten yang mereka suka.Â
Pengguna juga bisa berinteraksi dengan video orang lain melalui komentar, likes, dan berbagi video. Dengan beragam fitur kreatif, Tiktok telah menjadi platform yang paling digemari untuk hiburan dan kreativitas. Algoritma Tiktok bekerja dengan cara mengumpulkan data dari interaksi pengguna, seperti video yang ditonton, disukai, dan dibagikan. Berdasarkan data ini, algoritma menganalisis minat dan preferensi pengguna untuk menyajikan konten yang relevan di halaman "For You Page" (FYP), yang merupakan tampilan utama aplikasi. Tiktok memantau bagaimana setiap pengguna berinteraksi dengan video yang ditampilkan, dan menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan rekomendasi konten di masa depan.Â
Selain itu, Tiktok juga sesekali memperkenalkan variasi konten untuk melihat bagaimana pengguna merespons Dengan pendekatan ini, Tiktok berusaha memberikan pengalaman yang berkesan dan menarik, sehingga tiktok dapat membuat setiap pengguna merasa nyaman dengan konten yang sesuai dengan minat mereka.
Salah satu fitur menarik dari Tiktok yaitu Tiktok shop, Tiktok Shop adalah fitur dalam aplikasi Tiktok yang memungkinkan pengguna untuk membeli produk langsung dari video yang mereka tonton. Dengan Tiktok Shop, penjual dapat menampilkan barang mereka dalam video dan menambahkan link atau tombol keranjang kuning yang memudahkan pengguna untuk membeli produk tersebut tanpa harus meninggalkan aplikasi. Misalnya, jika seseorang menonton video tentang makeup, mereka bisa langsung mengklik tombol keranjang kuning di video tersebut untuk membeli produk makeup yang ditampilkan. Tiktok Shop membuat belanja online lebih mudah dan menyenangkan.Â
Dengan algoritma tiktok, tiktok memberikan penggunanya tampilan yang sesuai dengan minat dan preferensi mereka, maka dari itu dengan konten menari dan sesuai yang diberikan tiktok memberikan penggunanya kemudahan dan dapat membuat penggunanya tertarik untuk berbelanja di tiktok shop hanya dengan menekan tombol keranjang kuning apabila ada video konten mengenai produk yang mereka suka.
Tiktok shop memiliki laman "for you page" atau yang biasa disebut dengan FYP, laman "for you page" di tiktok adalah tempat di mana pengguna dapat menemukan video yang direkomendasikan khusus untuk mereka. Interaksi pengguna dengan laman ini sangat penting untuk menentukan jenis video yang akan muncul di masa depan. Ketika pengguna menyukai, mengomentari, atau membagikan video, algoritma tiktok akan mengingat interaksi tersebut dan menggunakan informasi ini untuk menampilkan video yang lebih sesuai dengan minat pengguna.Â
Misalnya, jika kamu sering menyukai video tentang makanan, tiktok akan lebih sering menampilkan video makanan di FYP-mu. Selain itu, jika kamu sering melewatkan atau tidak berinteraksi dengan video tertentu, algoritma akan mengurangi kemunculan jenis konten tersebut.Â
Dengan cara ini, Tiktok berusaha memastikan bahwa laman "for you page" selalu menampilkan video yang sesuai dengan minat setiap pengguna. integrasi produk di Tiktok berarti menggabungkan fitur belanja dengan konten video sehingga pengguna dapat melihat dan membeli produk langsung dari video yang mereka tonton tanpa perlu meninggalkan aplikasi hanya dengan menekan tombol keranjang kuning. Pada umumnya para penjual bekerja sama dengan konten creator atau influencer untuk mempromosikan barang mereka, sebab influencer memiliki pengikut yang banyak sehingga dapat menarik atau menjangkau audiens yang lebih luas untuk penjualan produk.
Algoritma tiktok dapat menampilkan produk yang sesuai dengan minat penggunanya di laman "for you page" sebab algoritma tiktok bisa mengetahui minat penggunanya berdasarkan interaksi yang dilakukan di dalam aplikasi tiktok. Di laman "for you page" tiktok, pengguna dapat berinteraksi dengan produk yang sesuai dengan minat mereka. Produk akan ditampilkan dengan berbagai konten kreatif yang dapat menarik pengguna tiktok untuk membeli produk tersebut, contohnya saat melihat barang yang kita butuhkan di tampilkan dalam bentuk video yang kreatif seperti review, tentunya akan menarik perhatian kita dan membuat kita ada keinginan untuk membeli produk tersebut. Biasanya para penjual bekerja sama dengan para konten kreator atau influencer untuk mempromosikan produk mereka, bisa dalam bentuk video ataupun livestreaming. Endorsement yang dilakukan dapat berpengaruh besar sebab pengikut dari influencer tersebut biasanya tertarik dan merasa yakin dengan barang yang di promosikan idolanya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan penjualan dari suatu produk, dan menjangkau audiens yang lebih luas. Pemasaran produk dengan cara melakukan endorsement kepada influencer merupakan strategi pemasaran yang baik sebab dapat meningkatkan penjualan sekaligus meng-exposure produk agar lebih dikenal audiens dengan jangkauan yang jauh lebih luas.Â
Pemasaran melalui TikTok Affiliate juga menjadi salah satu cara menarik untuk memasarkan produk dalam bentuk konten video review, TikTok Affiliate sendiri merupakan cara untuk menghasilkan uang dengan mempromosikan produk. Pertama, pengguna bisa
daftar jadi affiliate dan pilih produk yang akan ditawarkan.
Setelah itu, pengguna dapat membuat video yang menarik, bisa tentang review atau unboxing, dan jangan lupa masukkan tautan produk di bio atau deskripsi video. Ketika orang membeli lewat tautan itu, pengguna akan bakal mendapatkan komisi dari penjualannya. Pengguna juga bisa lihat seberapa baik performa video yang mereka buat. Jadi, pengguna bisa dapat uang sambil share produk yang disuka di tiktok