Mohon tunggu...
Shafika Ayudyah Lestari
Shafika Ayudyah Lestari Mohon Tunggu... Penulis - Universitas Negeri Surabaya

S-1 jurusan Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Komunikasi efektif untuk keberhasilan karir

6 Januari 2025   20:06 Diperbarui: 6 Januari 2025   20:04 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang terjadi apabila pesan yang dikirimkan oleh komunikator kepada penerima pesan (komunikator) dapat diterima dengan baik sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Saat mengirimkan pesan, pengirim harus memastikan bahwa pesan yang dikirimkan telah diterima oleh penerima. Selama ini penerima pesan harus berkonsentrasi tinggi agar pesan dapat diterima dan ditanggapi dengan baik oleh pengirimnya. Umpan balik juga penting sebagai proses klarifikasi untuk memastikan tidak ada kesalahpahaman terhadap pesan yang disampaikan.

Seberapa penting komunikasi efektif untuk keberhasilan karir?

Komunikasi yang efektif memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan,misalnya dalam dunia professional,hubungan interpersonal,dan organisasi. Dalam hal peningkatan produktivitas,komunikasi yang efektif dapat meningkatkan produktivitas suatu organisasi atau kelompok kerja. Hal ini terjadi karena komunikasi yang efektif memiliki tujuan yang jelas, memudahkan koordinasi, dan meminimalkan kesalahan dalam menjalankan tugas. Selain itu,dalam hal membangun kepercayaan,komunikasi yang efektif membangun kepercayaan antar individua tau kelompok. Dengan memahami dan menghargai sudut pandang orang lain, komunikasi yang efektif dapat menciptakan suasana harmonis.

Manfaat komunikasi efektif untuk keberhasilan karir

  • Mempunyai kemampuan komunikasi efektif sebagai skill yang paling dicari Perusahaan
  • Semakin mudah untuk seorang pemimpin mempromosikan jika memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Membuat klien merasa nyaman Ketika berkomunikasi hal ini berdampak pada keberhasilan karir
  • Komunikasi yang efektif bukan hanya tentang mengetahui cara berbicara yang baik,namun juga mengetahui cara mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain. Jika anda tahu cara berkomunikasi yang efektif, anda akan mudah dipercaya dan dihormati oleh semua orang  

Cara membangun komunikasi efektif untuk keberhasilan karir

  • Dengarkan untuk lebih memahami apa yang dikatakan lawan bicara anda
  • Komunikasi yang efektif akan terbangun jika anda memperhatikan Bahasa tubuh yang anda dan lawan bicara gunakan,karena komunikasi tidak hanya sekedar berbicara dan mendengarkan saja
  • Hindari berbicara atau mengirim pesan dalam bahasa yang rumit karena dapat membuat pesan yang ingin anda sampaikan sulit unttuk dipahami. Anda dapat memikirkan dan menyusun kalimat yang tepat untuk menyampaikan hal tersebut
  • Kesan ramah yang anda timbulkan pada lawan bicara anda dapat mendatangkan rasa nyaman saat berkomunikasi dengan anda. Misalnya dengan menanyakan kabar, berbicara dengan suara ceria dan tersenyum
  • Bersikaplah fleksibel saat berkomunikasi dengan menyesuaikan gaya komunikasi anda dengan kepribadian lawan bicara dan terbuka terhadap masukan

Apa saja sih faktor yang menghambat komunikasi efektif untuk keberhasilan karir?

  • Kurangnya keterbukaan

Salah satu faktor penghambat utama adalah kurangnya keterbukaan dalam berkomunikasi, Ketika seseorang merasa tidak nyaman berbicara secara terbuka atau tidak mau mendengarkan dengan pikiran terbuka, informasi yang diperlukan untuk komunikasi yang efektif dapat terhambat.

Solusi: Promosikan suasana yang mendorong keterbukaan. dorong kelompok atau tim untuk berbagi ide, masalah, atau pendapat tanpa takut dihakimi. Memahami bahwa setiap orang memiliki sudut pandang dan keterbukaan yang berbeda adalah kunci keberhasilan komunikasi

  • Tidak Jelasnya Pesan

Komunikasi yang tidak jelas seringkali menjadi penyebab kebingungan. Pesan yang tidak jelas atau tidak lengkap dapat menghambat pemahaman dan menimbulkan kesalahpahaman antar lawan bicara.

Solusi: Mengutamakan kejelasan dalam komunikasi. Pastikan pesan tersampaikan secara lengkap,jelas,dan tanpa ruang multitafsir. Tanyakan apakah pesan telah dipahami dengan benar dan buka ruang untuk bertanya.

  • Gangguan Eksternal

Faktor eksternal seperti kebisingan, lingkungan yang tidak bersahabat atau gangguan fisik dapat menggangu arus komunikasi. Hal ini dapat mempersulit penyampaian pesan yang jelas kepada penerimanya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun