Mohon tunggu...
Shafalma Firdausi
Shafalma Firdausi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Terimakasih sudah membaca ♡

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Metode Pembelajaran untuk "Les atau Bimbingan Belajar"

18 November 2021   11:16 Diperbarui: 18 November 2021   11:58 1144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sebagai guru les, baru , yang belum memiliki bekal mengajar sama sekali, saya merasa terbebani setiap mengajar. Saya selalu bingung untuk menyiapkan materi dengan metode berbeda, upaya membuat peserta didik lebih tertarik dan semangat dalam kegiatan pembelajaran.


Akan tetapi, memang selamanya metode pembelajaran 'ceramah dan drill' merupakan metode lama yang efektif dan bekerja dengan baik dalam pembelajaran.


Dengan peserta didik yang tidak banyak, dan jam mengajar pendek, metode ceramah dan drill selalu menjadi solusi saya dalam mengajar.


Langkah-langkah saya dalam menerapakan metode pembelajaran di kelas 'les/ bimbingan belajar'


Sebelumnya, saya akan menanyakan dahulu pemahaman peserta didik tentang materi yang telah diterangkan oleh guru pengampunya di sekolah

1.Metode pembelajaran ceramah
Saya menambahkan dan menerangkan kembali materi pembelajaran kepada peserta didik dengan bahasa yang lebih mudah, agar peserta didik mampu memahami materinya.

2.Metode pembelajaran drill
*Saya meminta peserta didik menerangkan kembali materi yang telah disampaikan
*Memberikan soal latihan lisan kepada peserta didik
*Dan memberikan soal latihan tulis pada pertemuan berikutnya, sebelum les dimulai atau sebelum mengulas materi baru.


Dengan metode tersebut peserta didik dapat lebih memahami pembelajarannya, jika pendidik dalam les atau bimibingan belajar dapat konsisten di dalamnya.


Salam hangat, penulis

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun