Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan salah satu program yang serupa dengan program KKN, dengan tujuan untuk memberikan manfaat nyata kepada masyarakat serta memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pada bulan Agustus tahun 2022, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan kegiatan PMM. Salah satunya adalah kelompok 98 gelombang 6 dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Bapak Sofyan Arifianto, S.Si., M.Kom, yang sangat berperan penting dalam memberikan arahan dan dukungan kepada tim pengabdi kelompok 98 gelombang 6. Tim pengabdi kelompok 98 gelombang 6 ini melaksanakan kegiatan PMM di SD Muhammadiyah 08 Dau, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, dengan fokus sasarannya adalah siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Dau.
Tim Pengabdi dari kelompok 98 gelombang 6 ini mengangkat tema "Penguatan Kompetensi Digital dan Budaya Literasi Melalui Program Pendidikan dan Pengembangan," dengan salah satu program kerja yang menjadi fokus utama kelompok ini adalah pengenalan coding kepada siswa. Dalam program kerja pengenalan coding ini, tim pengabdi mengajarkan pemrograman kepada siswa dengan tujuan mengasah kemampuan berpikir analitis serta kreativitas. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengembangkan minat dalam dunia pemrograman.
Langkah awal yang diambil dalam program Pengenalan Coding ini adalah dengan memberikan penyuluhan kepada siswa tentang konsep dasar coding, perangkat lunak yang digunakan untuk coding, dan manfaat coding. Selanjutnya, tim pengabdi menjelaskan tentang perangkat lunak Scratch yang dapat diakses dengan mudah melalui tautan berikut: https://scratch.mit.edu/, yang digunakan untuk praktik coding. Tim mengajak siswa untuk berkreasi dan menciptakan game sederhana yang memungkinkan mereka untuk langsung melihat hasil dari usaha kreatif mereka sendiri.Â
Saat kegiatan berlangsung, siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Dau sangat antusias terhadap game yang mereka buat sendiri. Setelah berhasil mengikuti arahan dari tim pengabdi dan game sudah berhasil mereka buat, siswa juga mengeksplorasi karyanya sendiri dengan mencoba untuk menciptakan variasi dan perbaikan pada game yang telah mereka buat.Â
Semangat eksplorasi ini menunjukkan bahwa minat mereka dalam dunia pemrograman telah tumbuh dan mereka merasa bangga atas hasil karya mereka sendiri. Melalui pendekatan yang santai, interaktif, dan terarah, program Pengenalan Coding ini telah mencapai tujuannya dalam menginspirasi minat siswa terhadap dunia pemrograman.
Dengan demikian, kami mahasiswa PMM UMM kelompok 98 gelombang 6 berharap program PMM ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Dau, tetapi juga memberikan kontribusi yang berkelanjutan dalam mengembangkan minat anak-anak dalam dunia pemrograman, dan siap menghadapi tantangan digital di masa depan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H