Mohon tunggu...
Shabir Abdul Majid
Shabir Abdul Majid Mohon Tunggu... Konsultan - Ninja Xpress

Logistik, Social Marketing, Bussines Research And Development

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ninja Xpress Bantu Produsen Agar Jualan Makin Laris dengan Platform Social Commerce

19 April 2024   12:55 Diperbarui: 19 April 2024   13:04 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai Usahawan Muda, Bagaimana kabarnya setelah melaksanakan puasa dan lebaran kemarin, saya doakan agar ibadahnya lancar bagi yang menjalankan dan yang menjalankan bisnis di bulan puasa saya doakan berkah dan laris terus kedepannya.

Kali ini saya akan menulis sedikit artikel tentang social commerce yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga para Usahawan Muda, Jadi seperti yang kita ketahui bawa social commerce adalah sebuah model bisnis yang mengintegrasikan platform media sosial dengan e-commerce untuk melakukan transaksi jual beli produk dan layanan. Dengan ini, para penjual dapat langsung menjangkau pelanggan mereka melalui platform media sosial favorit, seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan WhatsApp.

Nah berkaitan dengan hal itu, Ninja Xpress telah melakukan riset untuk memahami betapa berharganya social commerce bagi UMKM di Asia Tenggara khusunyab di Indonesia yang super unik ini. Berikut adalah beberapa wawasan tantang social commerce yang bisa meningkatkan hasil bisnis Anda:

  • Identifikasi Pangsa Pasar Potensial: Dengan 48% penjual social commerce percaya pada adanya pasar yang siap untuk dieksplorasi, Anda bisa fokus pada segmen pasar yang tepat.
  • Kenali Target Audiens Anda: 37% penjual merasa lebih mudah dikenali oleh target audiens yang relevan. Jadi, pastikan Anda memahami siapa target pasar Anda dan apa yang mereka butuhkan.
  • Jangkau Audiens yang Beragam: Dengan 34% penjual percaya bahwa social commerce membantu mereka menjangkau beragam audiens, Anda bisa mencoba berbagai strategi pemasaran untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Selain itu Social Commerce juga membawa banyak manfaat bagi UMKM, seperti meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Namun, tantangan seperti menciptakan konten menarik dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan algoritma platform bisa diatasi dengan strategi yang tepat.

Apa itu strategi untuk menghadapi hambatan tersebut ?

  •  Memanfaatkan solusi kreatif seperti penggunaan green screen untuk menghemat waktu dan tenaga
  • Memanfaatkan kembali konten yang sukses sebelumnya. 
  • Berikan insentif kepada pengguna untuk menghasilkan konten dengan memberikan promo atau giveaway

Meskipun ada beberapa risiko seperti persaingan ketat dan masalah kepercayaan pelanggan, tentu keunggulan dari social commerce jauh lebih besar. 

Bagaimana, Usahawan Mudan tentu pasti bisa memanfaatkan kekuatan social commerce untuk mengembangkan bisnis dan usahanya. Dan jangan lupa, bersama Ninja Xpress pastinya pengiriman paket kamu ke customer dengan sampai dengan cepat, tepat dan hemat pastinya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun