Mohon tunggu...
Senorita Andria Septy
Senorita Andria Septy Mohon Tunggu... -

Sanguine-melancholia, Mujer la soñadora (Wanita Pemimpi), Penikmat serta Pengagum Espanola dan Amerika Latin. Kunjungi juga blog saya di : www.seventhautumn.tumblr.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cicitcuit Selayang Pandang Bersama Ibu Dewi Soekarno

7 Agustus 2016   09:04 Diperbarui: 7 Agustus 2016   09:34 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa waktu lalu, saya menonton acara Talkshow yang di pandu oleh Desi Anwar. Dan mengundang Ibu Dewi Soekarno sebagai narasumber. Ibu Dewi kini bermukim di Jepang masih tampak awet muda meski sudah berumur tujuh puluhan. Semangatnya masih berapi-api dengan segudang aktivitas termasuk juga aksi-aksi sosial.

Di dalam wawancaranya yang paling saya inget banget adalah bagaimana gigihnya beliau setelah menjadi janda Bapak Soekarno. Kurang lebih beliau mengatakan seperti ini : 

"Orang-orang sering bilang pada saya enak ya jadi Bu Dewi. Jalan-jalan ke luar negeri terus.  Padahal saya bekerja tiga kali lebih keras dari orang, bangun lebih awal dari orang kebanyakan, dan jarang jatuh sakit karena saya sibuk sampai saya tidak sempat sakit."

Ibu Ratna Sari Dewi Oktober 1967 In Paris Pic by www.gettyimages.com
Ibu Ratna Sari Dewi Oktober 1967 In Paris Pic by www.gettyimages.com
Memang sedikit agak 'arogan' tapi tak mengapa kalau membantu memantik ide atau mindset positif buat para penonton.

Nah dari interview ini seolah-olah aku bisa bercermin ke dalam diri sendiri,,,

jika ingin melalang buana ke penjuru dunia, kenapa ada harus ada kata mustahil?

Jika ingin menjadi orang sukses, kenapa harus banyak mengeluh?!

Jika ingin menjadi orang baik, kenapa harus pamrih?

Oia, wanita yang bernama asli Naoko Nemoto ini juga memiliki blog di Jepang. Berhubung saya nggak tahu linknya dan kalaupun tahu, nggak bisa baca karena pasti dalam tulisan kanji hehe. Setidaknya ada manfaat yang bisa dipetik dari Ibu Dewi. Diantaranya, Beliau juga menulis blog setiap hari. Padahal beliau orang sibuk, tapi terbukti bisa saja melakukannya. Yang penting tetap konsisten dan komit. 

Jadi people, kalau kita mau sukses dengan impian-impian kita, berusahalah dan jangan sampai ada kata menyerah. Klise yaaa?! Tapi mau gimana lagi, memang begitu adanya.

Berikut petikan wawancara Ibu Ratna Sari Dewi Soekarno :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun