Mohon tunggu...
Sevasambhava 240
Sevasambhava 240 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Belajar untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik, dan solidaritas tanpa batas, itulah kami Sevasambhava 240.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mendekorasi Mushola SDN 03 Sumbertempur Sebagai Wujud Kesadaran dan Kepedulian Terhadap Pendidikan Serta Nilai-Nilai Keagamaan

23 Januari 2024   11:15 Diperbarui: 23 Januari 2024   11:21 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tampak depan (dok. pribadi)

Sumbertempur, Malang - - - Pada Sabtu, 20 Januari 2024. Mahasiswa KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Kelompok 240 di SDN 03 Sumbertempur melakukan tindakan positif ini sebagai bentuk partisipasi aktif mahasiswa KKM UIN Maulana Malik Ibrahim dalam meningkatkan kualitas lingkungan pendidikan di SDN 03 Sumbertempur. Dengan memilih mushola sebagai fokus dekorasi, yang diharapkan agar atmosfer keagamaan di sekolah tersebut semakin terasa dan dapat mendorong siswa-siswi untuk lebih aktif dalam melaksanakan ibadah. 

Pada hari Jumat, 19 Januari 2024 mahasiswa UIN Malang Kelompok 240 dengan penuh semangat menyusun rencana dekorasi mushola. Mereka merancang konsep yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan keindahan, sehingga dapat memberikan kesan yang positif bagi para pengguna mushola. Bahan-bahan dekoratif pun dipilih dengan teliti, mencakup unsur-unsur yang dapat memperkaya nuansa spiritual di dalam ruangan tersebut.

Pada Sabtu, 20 Januari 2024, Proses dekorasi mushola dimulai dengan membersihkan dan merapikan ruangan. Mahasiswa bekerja sama untuk memastikan bahwa setiap sudut mushola mendapat perhatian khusus. Yang dimulai dari dinding-dinding di dalamnya dihiasi dengan cermat. Mereka juga menghadirkan unsur-unsur seni Islami, seperti kaligrafi dan ornamen yang menggambarkan keindahan ajaran agama Islam.

Esok pagi pada Minggu, 21 Januari 2024, para mahasiswa KKM UIN Maulana Malik Ibrahim tetap bersemangat melanjutkan kegiatan mereka dengan memastikan bahwa hasil dekorasi tersebut dapat tetap terjaga dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Mereka memberikan tambahan-tambahan ornamen maupun kaligrafi, sehingga hal tersebut diharapkan bisa memberi warna baru dan membuat mushola menjadi lebih indah, serta menambah semangat siswa-siswi untuk beribadah ke mushola.

tampak dalam (dok. pribadi)
tampak dalam (dok. pribadi)
Kegiatan ini tidak hanya sebatas pada aspek visual semata, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kebersamaan, kepedulian, dan keagamaan kepada semua yang terlibat. Selain itu, melibatkan siswa-siswi dalam proses dekorasi dapat memberikan rasa memiliki terhadap ruangan ibadah di sekolah mereka sendiri.

Suasana SDN 03 Sumbertempur menjadi sangat berbeda, khususnya di mushola. Dinding-dinding dari mushola yang dihiasi dengan indah menarik perhatian siswa-siswi, guru, dan seluruh warga sekolah. Keberhasilan mahasiswa KKM UIN Maulana Malik Ibrahim dalam mengubah mushola menjadi tempat yang lebih menarik secara visual sekaligus bernuansa keagamaan memberikan dampak positif pada atmosfer keseluruhan sekolah.

Dengan adanya kegiatan dekorasi mushola ini, diharapkan SDN 03 Sumbertempur dapat menjadi lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan spiritual siswa-siswinya. Mahasiswa KKM UIN Maulana Malik Ibrahim berhasil menciptakan atmosfer yang positif dan membangun kesadaran akan pentingnya nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Aksi ini menjadi contoh nyata bahwa keterlibatan aktif dalam meningkatkan kualitas lingkungan pendidikan dapat memberikan dampak yang positif dan inspiratif bagi semua pihak yang terlibat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun