Pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi subtansi pembelajaran era sekarang. Pemikiran ihar Dewantara terkait pembelajaran yang memerdekakan manusis menjadi bagian penting mengkaryakan manusia . Tentunya didukung dengan interaksi atau komunikasi pembelajaran. Komunikasi merupakan salah satu bentuk keterampilan sosial dari setiap individu dan menjadi hal yang penting dalam proses pembelajaran karena tanpa adanya komunikasi yang baik pembelajaran tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan.Â
Komunikasi yang baik tidak akan terjadi dalam kegiatan atau interaksi proses pembelajaran jika siswa tidak memiliki motivasi dalam belajar. Motivasi yang baik akan menentukan cara mahasiswa berkomunikasi dengan temannya sehingga akan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, dan akan menentukan keberhasilan dalam belajar.Proses pembelajaran Biologi  Kelas XI SMA Negeri 1 Demak masih belum maksimal keterampilan berkomunikasi, berbicara dan diskusi terkait pembelajaran Biologi.Â
Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya permasalahan tersebut adalah kurangnya motivasi dari sebagian besar siswa  untuk dapat menyampaikan ide atau pemikirannya di dalam kelas, selain itu jumlah siswa per kelas 36 siswa membuat mereka merasa bosan, suasana yang ramai sehingga tidak memunculkan motivasinya dalam belajar.Â
Salah satu cara untuk membuat peserta didik termotivasi dan mampu berkomunikasi sehingga dapat menyampaikan ide dan pemikirannya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. STAD adalah pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dengan langkah di dalamnya yaitu mengharuskan mahasiswa melakukan diskusi dengan teman kelompoknya dalam menyelesaikan suatu permasalahan (Slavin, 1986). Terdapat tiga konsep penting dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu :
1. Penghargaan kelompok, yang akan diberikan jika kelompok mencapai kriteria yang ditentukan. 2. Tanggung jawab individual, bermakna bahwa kesuksesan tim bergantung pada pembelajaran individual dari semua anggota tim. 3. Kesempatan sukses yang sama, bermakna bahwa semua siswa memberi kontribusi kepada timnya dengan cara meningkatkan kinerja mereka dari yang sebelumnya. Ini akan memastikan bahwa siswa denganprestasi tinggi, sedang dan rendah semuanya sama-sama ditantang untuk melakukan yang terbaik, dan bahwa kontribusi dari semua anggota tim ada nilainya.Â
STAD merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan siswa untuk bekerjasama dan mempunyai tanggung jawab yang baik. Proses bekerjasama dan bertanggung jawab dari siswa akan saling membantu dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Selain itu, kemampuan komunikasi mereka akan berkembang karena hasil dari pemecahan masalah dipublikasikan ke seluruh kelas.Untuk memperkuat pembelajaran STAD perlu didukung kolaborasi pendekatan pembelajaran Lesson Study dengan mengedepankan agency student atau pembelajaran yang kebermilikan pada potensi murid.Â
Dalam kegiatan lesson study, Guru  dapat bekerja sama dengan observer yang lain dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi di kelas sehingga tercipta suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan . Lesson study menekankan pada kualitas peserta didik dalam pembelajaran..Kegiatan diskusi yang dilakukan dengan pemberian pertanyaan dari kelompok yang presentasi juga menarik perhatian mahasiswa karena muncul yang didorong dengan adanya rasa ingin tahu.
Pada saat proses pembelajaran, siswa  diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik dengan teman sekelas, menghargai pendapat yang diberikan oleh temannya dan memberikan masukan dengan santun apabila pendapat tersebut tidak sesuai dengan konsep yang dimilikinya. Hal ini sesuai dengan kelebihan dari model pembelajaran STAD : 1) Dapat mengembangkan kemampuan sosial siswa seperti kemampuan empati serta menghargai orang lain, 2) Membantu siswa dalam menghargai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki setiap orang, 3) Dengan menemukan solusi dalam suatu masalah dapat mengembangkan keterampilan-keterampilan yang dimiliki siswa.
4) Peserta didik dapat saling membantu dalam memahami pelajaran. Aktivitas STAD melatih keterampilan komunikasi individu. Peran positif STAD dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD menekankan proses pembelajaran dilakukan dalam kelompok kooperatif, terjadi saling kerjasama antara yang satu dengan lain, bisa saling bertukar pikiran, berbagi tanggungjawab, bisa saling memahami antara yang satu dengan yang lain.
Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD dipadu berbasis Lesson study dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi siswa.Tentunya ini harus didukung komitmen pelaku pembelajaran untuk setara bermita dalam pembelajarn di kelas. Agar tercipta Agency Student Learning.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H