Mohon tunggu...
Setiyo Prajoko
Setiyo Prajoko Mohon Tunggu... profesional -

Guru Biologi di SMP-SMA Sragen Bilingual Boarding School (SBBS). Seorang Pemikir atas fenomena yang terjadi di sekitar. gemar meneliti dan mencoba untuk gemar menulis. kunjungi juga http://setiyoprajoko.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Spongebob-pun Jadi Media Pembelajaran

7 Desember 2010   03:39 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:57 1761
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_78840" align="aligncenter" width="621" caption="Spongebob dan Jelly Fish dijadikan Ikon Filum Porifera dan Cnidaria supaya siswa menjadi tidak asing."][/caption] Invertebrata adalah salah satu materi pelajaran biologi yang diajarkan pada semester dua di kelas X SMA/MA. Pada silabus mata pelajaran biologi, Standar Kompetensi (SK) untuk materi invertebrata adalah memahami manfaat keanekaragaman hayati dan Kompetensi Dasar mendeskripsikan ciri-ciri filum dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan (BSNP, 2006). Materi ini mempelajari tentang karakteristik dan manfaat hewan yang tidak memiliki tulang belakang baik yang hidup di darat maupun yang hidup dilingkungan perairan.

Pada kenyataannya materi invertebrata dianggap sulit bagi siswa. Hal ini dikarenakan kebanyakan isi dari materi ini menggunakan istilah ilmiah. Dalam mata pelajaran biologi, siswa dituntut untuk mengatahui dan memahami istilah ilmiah. Namun terlalu banyaknya istilah ilmiah dan belum populisnya istilah tersebut menyulitkan siswa belajar materi tersebut. Selain itu materi invertebrata dianggap sulit bagi siswa dikarenakan contoh spesies yangjarang dijumpai oleh siswa. Hal ini menyebabkan siswa menjadi asing dan kesulitan dalam memahami materi tersebut. Di sisi lain metode guru dan penggunaan media pembelajaran pembelajaran yang kurang tepat juga turut andil dalam menyebabkan kesulitan siswa untuk menguasai materi ini. Padahal dalam mengajar IPA (Sains) membutuhkan media pembelajaran yang tepat untuk agar siswa dapat memahami materi pelajaran.

Film Spongebob Squarepants merupakan film kartun yang digemari oleh anak-anak bahkan dewasa. Film animasi yang diciptakan oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi lautini menceritakan tentang kehidupan makhluk laut dengan tokoh utama Spongebob.Tokoh utama pada film ini terkesan konyol dan lucu memiliki sifat ceria, optimis dan selalu berprasangka baik kepada teman-temannya sehingga dapat memberikan hiburan tersendiri bagi penonton. Maka tidak heran kalau banyak anak-anak bahkan orang dewasa yang mengetahui dan gemar menonton film ini. Kalau kita mencermati tokoh – tokoh dalam film ini sebagian besar adalah contoh dari spesies invertebrata. Bahkan Spongebob yang menjadi tokoh utama dalam film ini merupakan contoh spesies dari Filum Porifera. Selain itu terdapat Mr. Crabs, Pattrick, Squidword yang merupakan contoh spesies invertebrata filum Arthropoda, Echinodermata dan Molusca.

LKS (Lembar Kerja Siswa)

Kita dapat membuat LKS berbasis Spongebob Squarepants. Tokoh dalam film Spongebob Squarepants dapat digunakan sebagai ikon spesies dari filum anggota invertebrata.

·Spongebob dijadikan ikon spesies dari filum Porifera

·Jelly Fish dijadkan ikon untuk anggota filum Cnidaria

·Squidward dan Garry dijadikan ikon spesies dari filum Moluska

·Mr. Crabs dijadikan ikon dari anggota filum Arthropoda

·Patrick Star dijadikan ikon spesies dari filum Echinodermata

Pembuatan LKS berbasis tokohdalam film Spongebob Squarepants tersebut diharapkan siswa menjadi tidak asing dengan contoh spesies dari invertebrata. Hal ini dikarenakan siswa sendiri yang sudah populis dengan tokoh dalam film kartun tersebut. Dengan demikian siswa akan lebih mudah memahami dan menghafal contoh spesies dari hewan invertebrata. Setelah siswa memahami karakteristik dari masing masing spesies kemudian menganalisis kejanggalan-kejanggalan karakter tokohdalam film tersebut yang tidak sesuai dengan karakter sesuai dengan aslinya.

[caption id="" align="aligncenter" width="320" caption="penulis mendapat juara 1 Biology Teaching Competition 2010 di Universitas Negeri Semarang"]

[/caption] Alhamdulillah dengan menerapkan model pembelajaran ini, penulis mendapatkan Juara 1 dalam Bi0logy Teaching Competition 2010 di Universitas Negeri Semarang. [caption id="attachment_78841" align="aligncenter" width="621" caption="Squidward dan Pattrick pun tidak ketinggalan"]
1291693827454233156
1291693827454233156
[/caption]

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun