Mohon tunggu...
Tio Tyo
Tio Tyo Mohon Tunggu... karyawan swasta -

nothing special from me,,,,,

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

BPJS dan Asuransi

29 Juli 2014   06:03 Diperbarui: 18 Juni 2015   04:57 480
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa yang terjadi kalau kita sedang sakit,jika minum obat warung tetep aja ga ilang rasa sakit itu,mau ga mau kita  berobat pergi ke dokter,konsultasi dan membayar jasa serta obat yang harus ditebus,iya kalau sembuh,kalau tidak  tak jarang kudu dateng  lagi ke dokter ,jika ada yang ga sabar mereka akan pindah kelain dokter cari dokter yang cocok kalo orang awam bilang

Uang yang seharus nya kita persiapkan untuk pengeluaran lain terpaksa harus diparkir untuk biaya ga terduga ,untuk sakit contoh nya,sukur sukur penyakit kita segera sembuh dan kembali sehat

Alhamdulilah kalau sakit nya hanya sakit pasaran dan ringan biasa,pusing,demam,penyakit yang saya sendiri sering alami,gimana kalau penyakit itu tidak bisa ditangani dokter umum ,harus di tangani oleh rumah sakit yang peralatan nya lebih lengkap,tentu saja pengobatan tingkat ini akan memakan biaya lebih mahal

Ga semua orang tentu nya bisa mendapat pengobatan  ,karna terbentur biaya ,yang akhir nya banyak penderita hanya melakukan pengobatan sebisa dan semampu nya,walau pun obat warung sudah tidak mempan tetap saja dikonsumsi,atau obat yang diminum tidak tepat sasaran,dan ini banyak terjadi

Alhamdulilah  kini ada nya program dari pemerintah yang bernama BPJS ,banyak masyarakat terbantukan,banyak penyakit tersembuhkan  dan banyak orang berkesempatan untuk mendapat pengobatan

Tadi nya saya sendiri kurang begitu tertarik dengan program asuransi yang bernama BPJS ,tapi setelah melihat begitu besar manfaat yang diberikan saya tertarik ingin berbagi pengalaman sekedar nya

BPJS sendiri beda dengan umum nya kebanyakan asuransi,tidak ada test medikal,tidak ada banyak persayaratan,tidak ada batasan umur,tidak peduli pekerjaan nya apa

Begitu sudah menjadi peserta BPJS maka saat itu jika terjadi apa apa insya allah kita ga perlu pusing dengan biaya pengobatan

Kakak saya mempunyai sakit maag yang ga sudah sudah,tadi nya hanya maag biasa ternyata sakit nya makin ke sini makin bertambah,sebelum menjadi peserta BPJS banyak sudah doker yang di datangi,koleksi obat juga sudah menumpuk di lemari penyimpan obat,mulai dokter si A ,B ,C  tak ketinggalan obat herbal

Tapi tetep penyakit nya ga kunjung baikan,saya sampe pusing sendiri denger keluhan nya,saran dari tetangga yang pernah punya penyakit sama dituruti,dari minum jamu ini ,jamu itu ,daun ini ,itu , belum ada hasil,ditambah kakak saya ini orang nya ga sabaran,malah menambah saya semakin pusing dan kesel menasehati

Ga sedikit uang yang sudah dihabiskan,dana dapur pun semakin menipis,praktis sejak kakak sakit suami nya jadi tidak  bisa berdagang,karna kudu ngurusi istri nya

Sampe akhir nya dia tanya ke saya gimana cara nya menjadi peserta BPJS,karna ga bisa ngurusi sendiri terpaksa lewat jasa calo ,dengan mengupah sekian ratus dalam seminggu kartu BPJS jadi,posisi saya memang saat itu sedang jauh dengan kakak,jadi hanya bisa membantu lewat suara saja

Sakit maag pun semaikin menjadi,sampe akhir nya datang ke rumah sakit dengan modal nekat ,berbekal kartu BPJS yang dipunya ,masuk lewat UGD tanpa banyak tanya ini itu petugas langsung bertindak  hingga mendapat rawat inap

Sebetul nya ipar agak katar ketir dan harus siap jika rumah sakit menagih sejumlah uang,ternyata eh ternyata semua biaya rumah sakit dan perawatan nya tidak dibebankan ke pasien,semua BPJS yang menanggung,ipar hanya menandatangani beberapa kertas tagihan dan sebagai nya

Hingga saat ini setelah sebulan berlalu kaka belum juga pulih dari sakit nya,dan lagi lagi terpaksa harus di rawat inap,sebetul nya kaka sedang berobat jalan paska rawat inap sebulan yang lalu

Banyak tetangga yang berdatangan menjenguk  setalah itu tertarik ingin menjadi peserta BPJS,saya pun jadi mencari tau lebih dalam tentang produk dan berita terkini tentang BPJS

Baru tau kalau untuk menjadi peserta BPJS ga mesti harus dateng ke kantor yang ada  di tiap cabang,kita juga bisa mendaftar lewat online ,tidak perlu banyak kertas yang dibawa,inti nya dengan modal nomer kartu keluarga dan nomer ktp kita cukup mengisi kolom yang ada,setelah mandapat nomer pembayaran dan membayar lewat bank ,kartu E id bisa diprint dan kita laminating

Awal nya saya mengantri untuk mendaftarkan tante ,jam 5 pagi  banyak orang sudah berkumpul yang ada di kantor  cabang ,dan sial nya tidak ngecek ulang berkas yang saya bawa ,dari jam 5 mengantri jam 9 baru mendapat giliran,dan  ada dokumen yang ga kebawa,,kesel nya bukan kepalang,pulang saya utak atik lagi web BPJS dan baru engeh

Thanks BPJS,,,ga tau kalo ga ada bantuan dari BPJS .,,,padahal ipar sudah berencana mau menjual  sawah  yang ada di jogja warisan dari ema nya,,,,

Jika BPJS sudah ada  4 taun yang lalu ,mungkin saya ga akan ikut program asuransi yang lain,tapi karna sadar akan manfaat asuransi mau ga mau saya paksakan

So akan sangat membantu juga buat orang yang sadar asuransi tapi uang nya belum kebagian buat bayar premi,sebab uang bulanan premi lumayan juga sih berasa di kantong,ya silakan aja kalau masih ingin menjadi peserta asurransi pada perusahaan swasta jika memang uang lebih,,

Dan menurut saya lagi ,BPJS tidak berorentasi pada keuntungan ,BPJS memang murni ingin menolong dan membantu semua pasien,dari kalangan manapun,uang iuran nya juga ga mahal mahal amat,ada tingkatan disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan,jika memang bener bener ga mampu kita tetep bisa menjadi peserta BPJS yang dibiayai pemerintah ,uang bulanan nya 25500 ribu buat yg kelas 3 ,42500 yang kelas 2 dan 59500 untuk kelas 1,,semua kelas sama penanganan ,yg beda Cuma kamar kalau kita mendapat rawat inap,,masih ga mampu bayar bulanan yang 25500,,beli pulsa seminggu abis 50 ribu ga sayang ,buat kesehatan sendiri mikir mikir,,,cape deeecchh

Saran saya kalau memang punya uang lebih,dan perekonomian nya lumayan sebaik nya pilih peserta yang bulanan nya kelas 2 atau kelas 1,soal nya kalau kelas 3 terkadang persediaan kamar nya sangat terbatas,ini dialami kakak saya sendiri,,baru sekarang bisa mendapatkan kamar,mau ganti kelas kudu tunggu setahun dulu

Buat peserta BPJS yang membayar ,enak nya kita bisa berobat ke dokter  atau klinik yang ada kerja sama dengan BPJS,dan carilah yang terdekat dengan rumah kita,biar ga kejauhan kalo berobat,jika dokter atau faskes pertama ini ga bisa mengobati kita akan mandapat rujukan dirumah sakit swasta ,sedang peserta yang dari pemerintah faskes pertama harus dateng ke puskemas

Kalau dalam keadaan darurat kita bisa dateng tanpa harus membawa surat rujukan,lagi lagi yang dialami kakak saya

Tidak ada kesempurnaan  memang saya akui,tapi keberadaan BPJS  bener bener membantu,dalam ketidak sempurnaan itu BPJS terus melakukan perbaikan demi perbaikan ,kritik dan saran pun sangat terbuka ,saya pernah komplain  ,waktu itu  mengantar berobat ke rumah sakit is***  dan saya masih harus membayar sejumlah tagihan dengan alesan BPJS tidak membayar sepenuh nya,saya menanyakan lebih detail ke perawat nya ,tapi siperawat tetep kekeh dengan jawaban yang ga masuk akal menurut saya,dan saya pun ogah membayar ,karna merasa dibohongi

Kebetulan BPJS punya akun di kompasiana ,saya tulis knorologi nya begini  begini begini,ke esokan hari nya langsung ditelepon  dan perbincangan itu cukup lama,dengan bahasa yang mudah dimengerti,ramah bicara nya dan jelas

Dan dari situ kesimpulan saya adalah

·BPJS memang sangat sangat penting,karna kita ga tau kapan  sakit itu dateng,jika pas sakit baru menjadi peserta tentu sangat merepotkan,waktu yang seharus nya digunakan untuk berobat terpaksa harus tersita untuk mendaftar dulu,karna ga semua orang bisa melakukan pendaftaran lewat online

·Menjadi peserta BPJS bukan berarti kita tidak mampu,masih banyak orang beranggapan  perserta BPJS hanya untuk kalangan orang miskin,justru kartu BPJS lebih sakti dari asuransi lain nya,karna bukan sistem reimburs,dimana uang kita dulu yang digunakan baru nanti diganti sama pihak asuransi

·Tetap kita menjadi pasien yang kritis dan melek informasi,jika kita merasa kurang nyaman dengan pelayanan yang diberikan ruma sakit setidak nya kita bisa komplain bahkan mengadu ke kantor pusat

·Tanyakan sedetil dan sejelas nya ,apa apa yang tidak ditanggung ,apa yang ditanggung ,mulai dari pelayanan dan pengobatan

·Jika masih ada rumah sakit yang meminta sejumlah uang sebaik nya tanyakan alesan dan sebab nya,apakah waktu kedatangan nya yang salah,apakah obat nya yang salah ,atau apa nya,untuk kasus saya saat itu ,dateng ke rumah sakit di sore hari di mana pasien BPJS hanya mendapat pelayanan sampai jam 12 siang,itu saya ketahui setelah cs BPJS menelpon dan jelek nya perawat atau petugas tidak memberitahukan ke kami,padahal mereka tau kalau saya peserta BPJS,jika rumah sakit masih meminta uang dengan alesan yang ga memuaskan sebaik nya cari rumah sakit yang lain

So segeralah mendaftar menjadi peserta BPJS kalo masih kurang jelas silakan liat aja web nya,,atau tlp cs nya di 500400

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun