Mohon tunggu...
Nur Setiono
Nur Setiono Mohon Tunggu... lainnya -

Pensiunan swasta yang senang mengamati kehidupan sosial/kemasyarakatan. Sok merasa sibuk. Iseng suka tulas tulis kecil. Ngebanyol OK (tapi bukan pelawak). Serius gak ketinggalan (tapi bukan pakar). Berdomisili di pinggiran Jakarta Timur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

BBM LPG: Konversi Sebuah Paradoksial? (3)

21 Juli 2010   19:03 Diperbarui: 26 Juni 2015   14:42 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah diundang untuk menghadiri acara syukuran oleh suatu Divisi Pembangkit Tenaga Listrik (Power Plant) pada sebuah perusahaan nasional besar atas keberhasilannya melakukan langkah konversi (mengganti) energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG), terhadap dua unit Mesin Pembangkit Tenaga Listrik, berdaya 19 MW, buatan Perancis, yang sudah lama dioperasikannya.

Latar belakang perubahan sistem ini, karena BBM semakin hari kian mahal saja harganya. Disamping juga ramah lingkungan, efisien, dan cadangannya masih cukup banyak tersedia serta aman dari segi pasokan.

Meskipun teknologinya lebih rumit serta memakan nilai investasi/pembiayaan yang relatif tinggi. Namun upaya itu merupakan pilihan terbaik, guna mengantisipasi kontinuaitas pasokan bahan bakar dimasa mendatang.

Pada sambutannya, manager divisi tersebut menekankan kepada segenap jajarannya supaya betul betul disiplin Standard Operating Procedure (SOP), teliti, jeli dan hati hati terutama terhadap aspek keselamatan dan keamanan dalam mengoperasikan Mesin Pembangkit Tenaga dimaksud. Sebab, yang namanya gas adalah zat yang tidak bisa dipegang dan kasat mata wujudnya, tapi dapat dirasakan efeknya.  Sekalipun sarana dan prasarana safety/keselamatan sudah dirancang sedemikian canggih, namum masalah kesiapan Sumbar Daya Manusia (SDM) menjadi porsi utama perhatiannya. Sekecil apapun kelalaian yang diperbuat, tidak akan diberi toleransi. Apalagi sampai berakibat terjadinya kecelakaan fatal.

Paragraf paragraf diatas, sebagai ilustrasi atau gambaran, betapa pentingnya aspek keamanan dan keselamatan terhadap segala aktifiats yang kita lakukan, walaupun sudah dijaga dengan berbagai SOP yang memadai.

Usaha Wapres, M. Yusuf Kalla dipenghujung jabatannya berakhir, yang meluncurkan Program Konversi konsumsi minyak tanah bagi rakyat kebanyakan ke penggunaan Bahan Bakar Gas, LPG, sebenarnya suatu kebijakan yang tidak keliru. Boleh dibilang malah bagus, mengingat harga BBM dunia cenderung menaik terus, cadangan minyak dunia semakain merosot, isue lingkungan global kian santer serta  pada gilirannya  beban finasial berupa subsidi pemerintah terhadap BBM menjadi lebih berat.

Persoalannya menjelma jadi penuh masalah, manakala terobosan wapres yang baik tersebut tidak diberangi dengan kesiapan teknis yang berimbang atau memadai.

Di masa transisi, pasokan keduanya (BBM + LPG) kepada masyaraakat mengundang kekisruhan, ketersediaanya memunculkan sepekulasi tertentu, kelangkaan terjadi dimana mana dan otomatis harga membumbung tidak karuan.  Jika sudah seperti itu, lantas rumor bertebaran, seolah olah konversi tersebut merupakan proyek -politik- untuk memberi fasilitas emas terhadap sejumlah perusahaan migas swasta, milik orang orang tertentu yang dekat dengan kekuasaan.

Sebenarnya ada potensi masalah -yakin sudah diketahui- yang tidak kalah pentingnya, untuk dilakukan kajian oleh para pengambil kebijakan atau pelaksana teknis di lapangan waktu itu, sebelum LPG di lempar ke publik.  Tapi sayang terasa hambar, kurang mendapat perhatiana serius. Padahal itu menyangkut nyawa khalayak ramai, masayarakat luas. Yaitu, mengenai pengetahuan, seluk-beluk tingkat bahaya dan tata cara penanggulangannya, bilamana LPG sampai keluar secara liar dari tabung atau peralatannya sehingga menimbulkan kecelakaan fatal. Ini yang betul betul kurang disosialisasikan formulasinya. Pemahaman aspek keselamatan maupun keamanan penggunaan LPG, cuma sampai pada tataran diskusi para pakar.

Berapa persen masyarakat yang tahu persis tentang LPG?  Sebagian besar sangat awam, teramat rentan terhadap kelalain. Kala itu, gencarnya sosialisasi hanya pada segi bagaimana caranya agar masyarakat segera beralih ke LPG. Bila perlu dengan iming iming dan sedikit paksaan.

Percuma saja rasanya, kalau penambahan zat additive berupa ethanional yang sengaja dibubuhkan kedalam kandungan LPG, sebagai indikator semacam bebau'an bilamana ada kebocoran gas dimaksud, bisa segara dirasakan/tercium namun tidak disebarluaskan sebagai informasi yang wajib difahami secara luas oleh seluruh masyarakat yang nota bene adalah para konsumen LPG itu sendiri. Belum lagi peralatan utama atau pokok seperti kompor, regulator dan selang. Rupanya benda benda inipun luput dari perhatian pengelola gas sebagaimana mestinya, baik yang menyangkut kualitas, umur peralatan maupun sejumlah aspek teknis lainnya. Peralatan semacam itu sesungguhnya sangat memiliki andil terhadap terjadinya musibah kecelakaan.  Dan terbukti, setelah lebih lebih kurang konversi berjalan tiga tahun, ledakan demi ledakan berhamburan muncul dengan membawa korban jiwa dan harta benda tidak sedikit.   Data RCTI selama bulan Juli 2010 menyebutkan, telah terjadi lebih dari 30 kali "bom" meletus dari dapur, sebagai akibat kebocoran LPG.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun