Mohon tunggu...
Setiyo Bardono
Setiyo Bardono Mohon Tunggu... Administrasi - Staf Kurang Ahli

SETIYO BARDONO, penulis kelahiran Purworejo bermukim di Depok, Jawa Barat. Staf kurang ahli di Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MAPIPTEK). Antologi puisi tunggalnya berjudul Mengering Basah (Aruskata Pers, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (Pasar Malam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tampil Bugar dan Bebas Pegal Jalani Aktivitas sebagai Pekerja Komuter

12 Oktober 2017   10:23 Diperbarui: 12 Oktober 2017   10:53 1569
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sudah terlalu lama berdiri. Di kereta terlalu lama aku harus berdiri. Berdiri mencari tumpuan kaki. Pegalnya

Modifikasi lagu Terlalu Lama Sendiri yang dinyanyikan secara syahdu oleh Kunto Aji sepertinya mewakili keseharian pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) di seputar ibukota. Pada jam-jam sibuk, penumpang harus berdiri di antara himpitan dan desakan manusia, seperti pepes ikan peda.

Kadang terpikir, saat naik KRL tubuh orang berubah selentur karet busa. Dalam kondisi penuh sesak, ada saja penumpang yang bisa memaksa dan merangsek masuk. Sementara penumpang di dalam kereta harus menjaga keseimbangan dan terhimpit sesak.

Ketika akan turun di stasiun tujuan penumpang juga harus berjuang menyibak sesak penumpang. Jurus jalan miring seperti kepiting menjadi andalan. Begitu turun, periksa kembali barang bawaan Anda, jangan sampai tertinggal atau kehilangan. Termasuk kaki barangkali tertukar.

Suasana naik turun penumpang KRL di Stasiun Manggarai (Foto Rizki Ramadhan/Group FB KRLMania)
Suasana naik turun penumpang KRL di Stasiun Manggarai (Foto Rizki Ramadhan/Group FB KRLMania)
Dalam rutinitas seperti itu, bagaimana penumpang KRL menjaga kebugaran? Mau olahraga waktu banyak tersita di perjalanan. Pergi pagi pulang malam. Bahkan ada yang pergi kerja ketika anak belum bangun, pulang saat anak sudah tidur.

Tak hanya berjuang di kereta. Para pekerja komuter atau penglaju juga harus berhadapan dengan kemacetan jalan raya. Sementara sampai di tempat kerja, banyak pekerja yang aktivitasnya lebih banyak duduk di belakang meja.

Nah, agar tulang sendi tak kaku-kaku atau pegal, penglaju bisa berolah raga sambil berangkat atau pulang kerja. Salah satunya dengan naik turun tangga stasiun atau kantor.

Aduh! Mendengar kata naik turun tangga saja sudah terbayang lelahnya. Apalagi di samping anak tangga ada eskalator atau lift yang menggoda.

Anak tangga dan eskalator di Stasiun Gondangdia. (Foto Setiyo Bardono)
Anak tangga dan eskalator di Stasiun Gondangdia. (Foto Setiyo Bardono)
Memang niat untuk berolahraga sembari menuju atau pulang dari tempat kerja tidak mudah. Berbagai hal menggoda langkah, seperti eskalator/lift, sapaan tukang ojek saat turun kereta: "Ojek Bos!", murahnya transportasi online, dan lain-lain. Kemajuan teknologi membuat segalanya mudah, sehingga makin lama orang lebih banyak diam di tempat atau istilah gaulnya mager, sehingga otot dan sendi kaku-kaku.

Padahal, menurut beberapa referensi, naik turun tangga memberi banyak manfaat dibanding berolahraga di pusat kebugaran. Gerakan ini dinilai lebih efektif menurunkan berat badan dan melatih pernapasan.

Naik turun tangga juga membuat jantung lebih sehat karena mampu membakar kalori. Hasilnya jantung lebih sehat karena terlatih dan tak mudah lelah saat beraktivitas. Gerakan naik turun tangga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri sendi. Terutama bagi pekerja kantoran yang jarang bergerak karena seharian duduk di depan komputer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun