Mohon tunggu...
serlyekanurh
serlyekanurh Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perusahaan Marimas dalam Membangun Loyalitas Konsumen

6 Desember 2024   11:50 Diperbarui: 6 Desember 2024   12:12 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anggota Kelompok 5 Study Excursie (sumber;kelompok 5)

Siapa yang tidak mengenal minuman serbuk rasa buah Marimas? Sejak pertama kali hadir, Marimas telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat yang ada di Indonesia. PT Marimas Putera Kencana sendiri adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang produksi makanan dan minuman, khususnya minuman serbuk. Mereka dikenal dengan produk minuman serbuk rasa buah Marimas yang dikenal segar dan memiliki banyak sekali varian rasa.

PT Marimas Putera Kencana telah berhasil menjadi salah satu merk minuman serbuk terkemuka di Indonesia melalui berbagai upaya dan inovasi yang telah dilakukan. Mereka juga menawarkan program Factory Tour Marimas dimana program tersebut memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat langsung proses produksi minuman serbuk Marimas yang higienis dan memenuhi standar keamanan pangan. Namun tahukah kalian, apa yang menjadi rahasia dibalik kesuksesan Marimas dalam mempertahankan loyalitas konsumen selama bertahun-tahun?

Dalam kunjungan Study Excursie pada hari Selasa, 3 Desember 2024 di PT Marimas Putera Kencana, kami berkesempatan untuk mempelajari secara langsung mengenai strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumennya. Ternyata, kunci keberhasilan Marimas terletak pada beberapa hal:

  • Riset Pasar yang Mendalam

Marimas sangat memperhatikan dan preferensi konsumennya. Mereka melakukan riset pasar secara berkala untuk memahami tren dan perkembangan terbaru di pasar minuman serbuk maupun produk lainnya. Dari hasil riset tersebut, kemudian digunakan untuk mengembangkan produk dan strategi pemasaran yang tepat sasaran.

  • Inovasi Produk yang Terus Berkembang : Marimas tidak hanya berfokus pada produk yang sudah ada, tetapi juga terus berinovasi dengan menghadirkan varian rasa, kemasan, bahkan produk baru yang menarik.
  • Menjaga Hubungan yang Baik dengan Para Konsumen : Selain terus melakukan inovasi, Marimas juga mengutamakan hubungan yang baik dengan dengan para konsumen untuk mempertahankan loyalitas konsumen itu sendiri. Contohnya, pada kegiatan Study Excursie, Marimas memberikan sambutan hangat kepada kami yang mengunjungi perusahaan mereka karena tertarik dan ingin mempelajari secara langsung bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan Marimas untuk mempertahankan loyalitas konsumen.
  • Kualitas Produk dan Layanan yang Terjaga : Marimas sangat memperhatikan kualitas produk dan layanannya. Mereka menerapkan standar keamanan pangan yang sangat ketat dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.
  • Dari kegiatan Study Excursie ini, kami telah belajar dan mengetahui bahwa membangun loyalitas konsumen dibutuhkan komitmen dan strategi yang matang karena Marimas telah membuktikan bahwa dengan memahami kebutuhan konsumen dengan baik, terus berinovasi, dan membangun hubungan yang kuat dengan para konsumen, Marimas dapat dengan mudah menjangkau dan mempertahankan konsumennya.
    • "Kesan saya selama mengikuti Study Excursie pada PT Marimas Putera Kencana Semarang. Saya merasa cukup terkesan selama mengikuti Study Excursie kemarin, karena di sana kita belajar terkait bagaimana cara mempertahankan bisnis kita di tengah banyaknya kompetitor lain yang lebih maju dari usaha kita, di sana kita harus selalu mau untuk berinovasi karena ketika kita tidak mau berinovasi maka kita harus bersiap ketika mengalami kebangkrutan karena kalah saing dengan perusahaan lain. Kemarin kita juga berkesempatan berkunjung ke dalam pabrik proses pembuatan Minuman serbuk, disana kita belajar bagaimana proses produksinya, bahan baku yang digunakan, dan bagaimana cara packing produk tersebut. Di sana kita juga disambut dengan baik oleh  perusahaan, selain itu kita juga mendapatkan beberapa produk dari PT Marimas Putera Kencana." (Serly). Semoga dengan tulisan yang kami tulis, bisa memberi kalian inspirasi untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif dalam membangun loyalitas konsumen!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun