Apakah yang dimaksud dengan tim?
Menurut Burn (2004) istilah tim didefinisikan sebagai sebuah kelompok kerja yang terdiri dari beberapa orang dengan kompetensi yang setara, dimana mereka bekerja secara interdependen/ ketergantungan dalam melaksanakan pekerjaan disuatu organisasi.
Suatu organisasi biasanya terdiri dari beberapa tim dengan tanggungjawabnya masing-masing. Anggota dalam suatu tim harus memiliki kerjasama yang baik agar dapat saling melengkapi. Oleh karena itu, dibutuhkan keseimbangan dalam pembagian tugas. Dalam pembagian tugasnya sendiri harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anggota agar suatu pekerjaan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan.
Kemampuan untuk menyatukan perbedaan merupakan hal yang harus dilakukan untuk dapat membentuk suatu tim yang solid. Karena di dalam suatu tim pastinya terdiri dari jenis dan tipe kepribadian orang yang berbeda-beda. Untuk dapat membentuk tim yang solid maka ada beberapa hal yang dapat dipelajari yaitu :
Gaya komunikasi
Setiap orang memiliki gaya komunikasinya masing-masing, oleh karena itu tim yang solid harus mampu mengerti gaya komunikasi antar anggota tim. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama baik dalam diskusi maupun praktek kerja.
Tipe kepribadian untuk membagi peranÂ
Selain komunikasi, setiap orang memiliki tipe kepribadian yang berbeda satu sama lain. Tipe kepribadian ini bisa membuat suatu tim menjadi solid atau tidak. Kemampuan untuk mengetahui tipe kepribadian diri sendiri dan juga sesama anggota tim akan membantu kelancaran komunikasi dalam tim. Seorang pemimpin juga harus mengetahui tipe kepribadian dari masing-masing bawahannya agar bisa membagi mereka dalam peran yang dapat membuat mereka berkembang dalam pekerjaan yang mereka lakukan.
Keseimbangan antara tugas dan kesenanganÂ
Dalam suatu tim, perlu adanya keseimbangan antara tugas dan kesenangan. Sehingga tim bukan hanya sekedar mengerjakan dan menyelesaikan suatu tugas secara bersama-sama, namun tim juga tempat bagaimana setiap orang dapat berbagi kesenangan dengan yang lain. Anggota dalam tim harus saling mengerti bagaimana menciptakan suasana yang harmonis dan menyenangkan dalam komunikasi tim yang solid, karena hal ini akan membantu setiap tim dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada dan juga mengatasi setiap permasalah yang muncul dalam sebuah tim.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi tim yang solid setiap anggota didalamnya harus bisa memberikan dukungan, saling mengerti bagaimana gaya komunikasi dan kepribadian satu sama lain agar dapat bekerjasama untuk mencapai tujuan atau kesuksesan organisasi. Karena sukses atau tidaknya suatu organisasi bergantung pada kerjasama tim yang ada didalam organisasi tersebut.