(Jean Piaget 2016) Pengalaman adalah factor penting yang mendasari proses berfikir anak. Pengalaman yang hanya melibatkan mata berbeda dengan pengalaman yang melibatkan seluruh indera dan akan lama juga otak akan menyimpan dan akan lebih lama dan membekas dalam hati.
(Piaget 2012) setiap individu mengalami tingkatan-tingkatan perkembangan intelektual sebagai berikut:
- Tingkat sensori motor (lahir sampai 2 tahun)
- Tahap pra oporasional (2-7 tahun)
- Â Tahap konkrit (7-11 tahun)
- Tahap operasi formal (11 tahun ke atas)
Proses kognitif pada anak usia dini
Anak dilahirkan dengan kecenderungan beradaptasi dan berorganisasi. Komponen adaptasi ada dua
- Asimilasi yaitu kecenderungan organisme untuk mengubah lingkungan guna menyesuaikan dengan dirinya
- Akomodasi yaitu kecenderungan organisme untuk merubah dirinya sendiri untuk merubah dirinya sendiri guna menyesuaikan diri dengan kelilingnya. Â
Hal-hal yang penting di Perkembangan Kognitif
(Sugihartono, dkk 2007) proses pembelajaran yang menekankan beberapa tujuan pembelajaran dan pendidikan.
Memiliki kemampuan berfikir dalam menyelesaikan masalah.
Berfikir konstruksi dalam belajar.
Kurikulum yang dirancang untuk menghasilkan siswa yang dapat aktif dalam proses pembelajaran.
Guru sebagai perancang proses pembelajaran anak.
Belajar kognitif adalah tindakan mengenal atau memikirkan situasi dimana tingkah laku itu terjadi. Aktifitas belajar pada diri manusia ditekankan pada proses internal berpikir. Perkembangan kognitif pada anak merupakan suatu oembahasan yang sangat penting, karena merupakan kemampuan anak untuk brpikir lebih komplek serta kemampuan melakukan penalaran dan pemecahan masalah yang termasuk dalam proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari lingkungannya