Fase Prasekolah (Usia Taman Kanak-kanak)
Anak usia prasekolah merupakan fase perkembangan individu sekitar 2-6 tahun, ketika anak mulai memiliki kesadaran tentang dirinya sebagai pria atau wanita, dapat mengatur diri dalam buang air (toilet training), dan mengenal beberapa hal yang dianggap berbahaya (mencelakakan dirinya).
Anak usia 3 tahun cenderung untuk tenang, santai dan bisa bekerja sama. Konflik dengan orang dewasa, yang berakar dari perjuangan anak ketika usia dua tahun untuk mandiri, lebih jarang dan tidak terlalu besar. Bahkan, anak usia tiga tahun biasanya mau mematuhi perintah orang dewasa. Mereka mampu menunda kegembiraan mereka; kebutuhan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan “sekarang juga” sudah berkurang (Killen & Smetana, 1999)
Anak usia empat tahun energinya melimpah, gagasan yang meluap-meluap, obrolan aktivitas yang tidak ada lelahnya. Kesemuaan ini adalah ciri-ciri anak usia empat tahun pada umumnya. Pertengkaran yang disebabkan oleh sifat keras kepala dan perbedaan pendapat antara anak dan orng dewasa sering terjadi. Anak sering menguji batasan, penuh percaya diri dan menegaskan kebutuhan yang semakin besar untuk mandiri
Anak usia lima tahun berada dalam pengendalian yang baik terhadap dirinya secara fisik dan emosi, sebagian besar anak usia lima tahun berada dalam fase yang cukup tenang dan semakin tinggi rasa percaya dirinya dan rasa untuk mngendalikan dirinya. Dunia mereka berkembang diluar rumah, keluarga, sekolah, atau tempat penitipan anak. Persahabatan dan kegiatan berkelompok adalah dua hal yang sangat penting (Canella, 1993; Selman & Selman, 1979) Petualangan yang menarik mulai terbuka pada anak usia enam tahun karena kemampuan koordinasinya semakin baik serta ukuran tubuh dan kekuatannya meningkat. Anak usia enam tahun biasanya sulit membuat keputusan dan kadang terbebani oleh situasi asing. Sementara itu perubahan kemampuan kognitifnya memampukan mereka untuk melihat peraturan sebagai sesuatu yang berguna untuk memahami kejadian sehari-hari dan perilaku orang lain.
prinsip-prinsip perkembangan fisik anak usia dini adalah:
Melibatkan Perubahan
Perkembangan awal lebih kritis daripada perkembangan selanjutnya
Perkembangan adalah hasil dari kematangan dan belajar
Perkembangan motorik