Mohon tunggu...
Sergius Setoni
Sergius Setoni Mohon Tunggu... Guru - Guru

Memancing,Nonton TV,Main Bola Volly

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemanfaatan Perangkat TIK/ICT dalam Pembelajaran Abad 21

25 Februari 2024   04:55 Diperbarui: 25 Februari 2024   06:42 436
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam proses pembelajaran abad 21, teknologi informasi dan komunikasi merupakan alat bantu dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang mengutamakan kemampuan keterampilan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh Pendidik dan peserta didik.

Banyak perangkat-perangkat teknologi atau aplikasi-aplikasi berbasis teknologi informasi yang menunjang aktivitas Guru dan siswa  dalam proses pembelajaran untuk mencapai kemampuan kecakapan abad 21 seperti kecakapan kreativitas, inovasi, komunikasi, kolaborasi, literasi informasi dan media, dan sebagainya.

TIK dalam kreativitas Guru dan siswa 

Dalam pelaksanaan pembelajaran, sarana TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas Guru dan siswa. Guru dan siswa  dapat memanfaatkan sara-sarana teknologi informasi dan komunikasi atau aplikasi-aplikasi komputer dalam aktivias pembelajarannya seperti Teknologi Internet yang dapat dimanfaatkan Guru dan siswa  sebagai sumber belajar.

Dengan menggunakan teknologi internet, Guru dan siswa  dapat mengakses sumber-sumber belajar yang ada di dalamnya dengan memanfaatkan halaman-halaman sistus web yang menyediakan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh Peserta didik.

Dengan teknologi internet, Guru dan siswa  dapat mengakses berbagai informasi yg dibutuhkan sesuai dengan materi pembelajaran yang dibahas dalam pembelajaran di sekolah, sehingga melatih kemandirian Guru dan siswa  dalam mencari kebutuhan informasi serta meningkatkan kreativitas Guru dan siswa   dalam mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang dapat dijadikan sumber pembelajaran.

Aplikasi-aplikasi komputer yang merupakan bagian dari sarana teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kreativitas Guru dan siswa  dalam pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan Guru dan siswa  dalam pembelajaran yaitu aplikasi presentasi seperti Microsoft Powerpoint, Lectora, Macromedia Flash dan sebagainya. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut akan memicu kreativitas Guru dan siswa  dalam mengembangkan materi presentasi dimana Guru dan siswa  dapat memanfaatkan teknologi multimedia yang dapat diintegrasikan pada aplikasi-aplikasi tersebut.

TIK dalam aktivitas kolaborasi Guru dan siswa  

Dalam proses belajar mengajar, Guru dan siswa  juga dapat memanfaatkan sarana teknologi yang sudah tersedia untuk digunakan sebagai sarana kolaborasi dalam pembelajaran di kelas.

Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pembelajaran khususnya kolaborasi Guru dan siswa  yaitu aplikasi web jejaring social (Social Network) seperti Facebook, Twitter, Frienster dan sebagainya. Sebagai contoh aplikasi Facebook yang ada di dunia maya tidak hanya sekedar aplikasi yang hanya dapat digunakan untuk berkomunikiasi dengan teman, mencari teman update status dan sebagainya, tetapi dapat juga dimanfaatakan dalam pembelajaran Peserta didik. Dengan menggunakan web jejaring social Facebook dapat dimanfaatakn sebagai media untuk melakukan diskusi pembelajaran jarak jauh yang tentunya akan lebih menyenangkan dan mengasyikan.

TIK sebagai media komunikasi Guru dan siswa  dalam pembelajaran

Sarana teknologi informasi dan komunikasi juga dapat digunakan sebagai media komunikasi Guru dan siswa  dalam kaitannya dengan pembelajaran. Salah satunya dengan memanfaatkan fasialitas E-Mail (Electronic Mail) yang terdapat pada jaringan internet. Dengan menggunakan e-mail Guru dan siswa  dapat berkomunikasi dengan sesame siswa, dengan guru bahkan dengan stakeholder lain yang dapat membantu proses pembelajaran siswa. Sebagai contoh, dengan menggunakan email dan siswa  dapat mengirimkan hasil tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya dengan mengirimkan file-file lampiran tugas-tugasnya. Dengan menggunakan teknologi email,siswa  dapat mengirimkan hasil tugas yang diberikan guru kepada siswa  dengan cepat tanpa ada batasan waktu dan tempat.

PENUTUP

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berkembang saat ini dimana untuk memiliki kemampuan mengakses atau memanfaatkannya merupakan salah satu bagian dari ketrampilan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh semua orang terutama bagi Guru dan siswa  sebagai di sekolah.

Dengan memiliki keterampilan kecakapan abad 21 khsusnya penggunakan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu dalam mengembangkan pembelajaran Guru dan siswa  dalam upaya mencapai kecakapan abad 21 seperti kemampuan berkomunikasi, kolaborasi, kreativitas, inovasi, kemandirian dan sebagainya.

Sarana-sarana atau perangkat-perangkat teknologi sudah tersedia banyak di dunia ini yang dapat dimanfaatkan dalam prose pembelajaran Guru dan siswa  di kelas seperti teknologi jaringan internet, aplikasi jejaring social, aplikasi presentasi dan sebagainya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun