Dalam proses pembelajaran abad 21, teknologi informasi dan komunikasi merupakan alat bantu dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang mengutamakan kemampuan keterampilan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh Pendidik dan peserta didik.
Banyak perangkat-perangkat teknologi atau aplikasi-aplikasi berbasis teknologi informasi yang menunjang aktivitas Guru dan siswa  dalam proses pembelajaran untuk mencapai kemampuan kecakapan abad 21 seperti kecakapan kreativitas, inovasi, komunikasi, kolaborasi, literasi informasi dan media, dan sebagainya.
TIK dalam kreativitas Guru dan siswaÂ
Dalam pelaksanaan pembelajaran, sarana TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas Guru dan siswa. Guru dan siswa  dapat memanfaatkan sara-sarana teknologi informasi dan komunikasi atau aplikasi-aplikasi komputer dalam aktivias pembelajarannya seperti Teknologi Internet yang dapat dimanfaatkan Guru dan siswa  sebagai sumber belajar.
Dengan menggunakan teknologi internet, Guru dan siswa  dapat mengakses sumber-sumber belajar yang ada di dalamnya dengan memanfaatkan halaman-halaman sistus web yang menyediakan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh Peserta didik.
Dengan teknologi internet, Guru dan siswa  dapat mengakses berbagai informasi yg dibutuhkan sesuai dengan materi pembelajaran yang dibahas dalam pembelajaran di sekolah, sehingga melatih kemandirian Guru dan siswa  dalam mencari kebutuhan informasi serta meningkatkan kreativitas Guru dan siswa  dalam mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang dapat dijadikan sumber pembelajaran.
Aplikasi-aplikasi komputer yang merupakan bagian dari sarana teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kreativitas Guru dan siswa  dalam pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan Guru dan siswa  dalam pembelajaran yaitu aplikasi presentasi seperti Microsoft Powerpoint, Lectora, Macromedia Flash dan sebagainya. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut akan memicu kreativitas Guru dan siswa  dalam mengembangkan materi presentasi dimana Guru dan siswa  dapat memanfaatkan teknologi multimedia yang dapat diintegrasikan pada aplikasi-aplikasi tersebut.
TIK dalam aktivitas kolaborasi Guru dan siswa Â
Dalam proses belajar mengajar, Guru dan siswa  juga dapat memanfaatkan sarana teknologi yang sudah tersedia untuk digunakan sebagai sarana kolaborasi dalam pembelajaran di kelas.
Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pembelajaran khususnya kolaborasi Guru dan siswa  yaitu aplikasi web jejaring social (Social Network) seperti Facebook, Twitter, Frienster dan sebagainya. Sebagai contoh aplikasi Facebook yang ada di dunia maya tidak hanya sekedar aplikasi yang hanya dapat digunakan untuk berkomunikiasi dengan teman, mencari teman update status dan sebagainya, tetapi dapat juga dimanfaatakan dalam pembelajaran Peserta didik. Dengan menggunakan web jejaring social Facebook dapat dimanfaatakn sebagai media untuk melakukan diskusi pembelajaran jarak jauh yang tentunya akan lebih menyenangkan dan mengasyikan.
TIK sebagai media komunikasi Guru dan siswa  dalam pembelajaran