Indonesia merupakan sebuah negara yang berbentuk kepulauan. Setiap pulau menawarkan keberagaman budaya sampai alam yang memikat. Salah satu contohnya pada Plau Jawa yang dikenal pulau terpadat dan pusat ekonomi didalamnya memiliki situs bersejarah berupa Candi Borobudur dan Prambanan.Â
Tidak hanya itu Pulau Bali dikenal dengan destinasi pariwisata terkenal di seluruh dunia dengan menawarkan pantai berpasir putih, sawah, dan budaya yang kaya. Sementara Pulau Sumatera dikenal karena keindahaan alama berupa Danau Toba yang legendaris serta hujan tropis yang melimpah.
Dengan berbentuk kepulauan maka mobilitas masyarakat Indonesia hanya bisa dijangkau oleh jalur laut dan udara. Meskipun jalur laut masih menjadi sarana transportasi yang populer bagi masyarakat tetapi memiliki kekurangan dalam hal kecepatan.Â
Dimana perjalanan menggunakan jalur udara lebih cepat dan singkat dibandingkan perjalanan laut. Sehingga memungkinkan masyarakat untuk sampai ke destinasi dengan cepat walaupun memiliki jarak yang jauh. Selain itu menggunakan transportasi udara juga dilengkapi oleh fasilitas modern yang membuat perjalanan menjadi nyaman dan aman.
Penggunaan jalur udara memberikan mobilitas yang cepat dan efisien tetapi biayanya cenderung tinggi bagi sebagian masyarakat. Terkadang di waktu-waktu tertentu harga yang dibebankan kepada masyarakat bisa mengalami kenaikan yang sangat tinggi.Â
Harga yang tinggi tersebut sudah sangat sering sekali mencekik masyarakat ditengah kebutuhan pokok yang kian melambung. Maka dari itu untuk tetap masyarakat dapat menggunakan jalur udara diperlukan solusi dengan memperhitungkan faktor biaya. Salah satu solusi yang efektof berupa hadirnya maskapai berbiaya rendah yang biasa disebut dengan Low Cost Carrier (LCC).
Maskapai yang termasuk LCC merupakan perusahaan penerbangan yang beroperasi dengan model bisnis yang didasarkan pada pengurangan biaya operasional. Adanya pengurangan tersebut akan dapat menawarkan tiket pesawat dengan biaya yang terjangkau bagi penumpang.Â
Banyak sekali pengurangan yang dilakukan seperti makanan dan minuman gratis dihilangkan atau layanan bagasi. Sehingga penumpang yang mau menerima layanan lainnya akan dikenakan biaya tambahan jika maskapai menyediakan.
Dalam beberapa tahun terakhir maskapai LCC telah menjadi semakin populer di masyarakat Indonesia. Selain itu secara perlahan-lahan namun pasti maskapai LCC telah meraih kesuksesan dan memperluas jaringan di pasar domestik.Â
Pendekatan pemasaran sampai penjualan tiket maskapai LCC dilakukan melalui strategi digital yang agresif. Hal tersebut terbukit dengan munculnya situs web resmin sampai aplikasi online yang memudahkan pelanggan untuk memesan tiket. Bahkan maskapai LCC sangat sering melakukan melakukan promosi dan penawaran khusus seperti tiket murah, diskon khusus, sampai paket perjalanan.