[caption id="" align="aligncenter" width="632" caption="Ilustrasi/Kompasiana (Kompas.com)"][/caption]
Saat ini, tidak dipungkiri bahwa fashion bukan hanya sekadar cara kita berpakaian, namun lebih dari itu, fashion sudah menjadi lifestyle di kehidupan yang serbamodern ini. Untuk mengakomodasi permintaan masyarakat terhadap kebutuhan sandang ini, banyak pelaku usaha yang semakin hari semakin bermunculan menawarkan produk-produk fashion yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen.
Di era New Wave ini, sudah mulai adanya pergeseran pendekatan vertikal menjadi pendekatan horizontal antara pebisnis dengan konsumen. Hal ini didukung oleh adanya human spirit di mana penjual tidak hanya menjual produk fashion-nya kepada customer, melainkan lebih dari itu. Penjual merengsek masuk pada ikatan emosional customer. Hal inilah yang membuat online shop Anda akan sukses. Anda tidak hanya menawarkan produk dari segi fungsional saja, namun Anda membentuk sebuah relationship yang Anda bangun dengan customer. Anda membangun relation tidak secara vertikal, namun dengan cara horizontal yang menempatkan Anda adalah sahabat yang mengerti what actually they want in fashion.
Perlu diketahui, saat ini kini, banyak bermunculan bisnis fashion online. Coba perhatikan di sosial media yang kita punya, berapa orang yang memanfaatkan Facebook, Twitter, Instagram, Line, WhatsApp dan media sosial lain digunakan sebagai sarana marketing produk-produk fashion. Sebagai pelaku bisnis online, kita dihadapkan pada kompetitor. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisnis fashion online Anda tetap menjadi pilihan konsumen.
Differentiation isn’t enough
Bisnis online Anda harus memiliki diferensiasi yang menonjolkan kekhasan produk Anda dibandingkan produk kompetitor yang sejenis. Namun, differentiation kini telah berubah wajah menjadi codification. Maksud dari codification yaitu Anda sebagai penjual harus mampu menampilkan sisi autentik dari produk yang Anda tawarkan. Pastikan produk Anda berbeda dengan yang lain tidak saja pada kualitas maupun harga. Anda harus mampu menampilkan produk yang autentik dan tidak dapat ditiru oleh online shop lain. Pastikan produk Anda memang produk terbaik dan customer hanya dapat membeli fashion items yang unik di online shop Anda. Hal ini dapat menjadi kekuatan bisnis online Anda.
Give your Best services
Jangan lupa untuk terus memberikan pelayanan yang baik dengan selalu mengutamakan customer satisfaction. Walaupun banyak sekali online shop yang menjual produk fashion serupa, jangan khawatir. Anda tetap dapat unggul dengan pelayanan Anda. Anda harus benar-benar menetapkan standar pelayanan untuk konsumen Anda. Apa yang Anda lakukan ketika konsumen bertanya tentang produk Anda melalui sosial media. Bagaimana tanggapan Anda ketika konsumen melayangkan komplain pada Anda, bagaimana menangani komplain tersebut. Selain itu, Anda harus cepat tanggap terhadap pertanyaan, keluhan, maupun saran yang diberikan oleh konsumen. Respons Anda kepada konsumen membuat konsumen yakin bahwa Anda peduli dan benar-benar menghargai konsumen.
Kemudian, kecepatan pengiriman barang juga menjadi poin penting dalam consumer service. Konsumen mana yang tidak kesal apabila dia sudah membeli baju di online shop, tetapi seminggu setelah pemesanan, kiriman barang tersebut tak kunjung datang.
Engage Your customers
Hal ini yang sering kali dilupakan oleh pelaku bisnis online. Mereka hanya fokus untuk menjual dan memasarkan their fashion items without engage customer into it. Penting sekali di masa sekarang untuk memberikan product value kepada konsumen dengan menawarkan experience terhadap produk-produk fashion yang dijual. Konsumen perlu dilibatkan dalam bisnis online shop Anda. Coba Anda pikirkan cara-cara kreatif agar konsumen Anda menjadi bagian tak terpisahkan dari online shop Anda. Anda bisa membuat program khusus photo of the week. Jadi, konsumen Anda mengirimkan fotonya yang sedang mengenakan fashion item Anda. Berikan hadiah menarik untuk pemenang sehingga membuat konsumen tertarik untuk mengikuti kontes tersebut. Buatlah kontes semenarik mungkin sehingga konsumen benar-benar mau mengikuti kontes dan tidak terlalu mengincar hadiah namun untuk seru-seruan karena nyaman menggunakan produk Anda.
Then, encourage them to give feedback. Saran dan ide mereka untuk keberlangsungan bisnis online Anda sangat diperlukan. Feedback tersebut membuat Anda mengetahui what do they actually want. Sehingga Anda dapat dengan cepat mengakomodasi keinginan konsumen.
Dengan memperhatikan hal-hal di atas, bisnis online kita di bidang fashion akan terus berkembang di tengah kompetitor yang semakin memadati pasar online shop ini. Tidak perlu cemas untuk berbisnis produk fashion secara online apalagi bagi para pemula. Fleksibilitas yang ditawarkan dalam menjalankan bisnis online ini seharusnya membuat Anda lebih mengoptimalkan usaha Anda agar online shop Anda semakin dikenal dan menjadi pilihan terpercaya konsumen dalam berbelanja bukan malah sebaliknya, flexibility tersebut membuat Anda terlena dalam mengelola bisnis Anda sehingga performa bisnis menurun.
Tentunya masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan berbisnis online, selain dengan cara yang telah disebutkan di atas. Yang perlu diingat adalah tetap fokus menjalani bisnis online Anda dan teruslah do research terhadap kebutuhan fashion konsumen Anda saat ini. Jadilah sahabat fashion bagi customer, Anda tentunya ingin menjadi online shop terpercaya pilihan konsumen, bukan? Â Â ***SW
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H