Menarik sekali kasus anak SD yang menjawab pertanyaan perkalian yang disalahkan oleh gurunya kemudian mendapat protes kakaknya.
Saya pribadi beranggapan memang yang dijawab anak itu kurang tepat dan yang benar adalah gurunya. Tapi itu jika saya tahu jawaban yang dimaui oleh guru:
4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 6 x 4
atau kalau mau mengganti 4 dengan buku, berarti
buku + buku + buku + buku + buku + buku = 6 x buku = 6 buku
Kalau perkalian ini diterapkan ke kedokteran, tidak bisa namanya A x B itu sama dengan B x A. Contoh, 5ml x 3 tidak sama dengan 3 ml x 5. Misalnya juga, £1000 x 4 itu tidak sama dengan £4 x 1000. Ini jika kita memahami angka yang pertama adalah menyatakan satuan yang sama.
Akan lain lagi jika soal latihannya ada penjelasan seperti ini: Andaikan a adalah harga, misal £1000 dan b adalah frekuensi, misal 4 kali.
a x b = £1000 x 4
yang nilai ini adalah sama dengan a x b = b x a yang berarti (£)1000 x 4 = 4 x (£)1000. Tandang £ saya kasih tanda kurung untuk sekedar memperjelas satuan angka 1000 itu.
Pada kasus pertanyaan 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4, setelah saya coba tanya ke beberapa teman yang sudah doktor di bidang teknik dan menyimak diskusi para dosen yang juga memahami matematika, ternyata jika anak memberi jawaban 4 x 6 tidak bisa disalahkan juga. Mengapa begitu?
Pagi ini saya barutahu jawabannya mengapa bisa seperti itu dari seorang teman yang sekarang menjadi dosen di Jurusan Matematika di University of Essex. Penjelasan teman saya lewat contoh adalah seperti ini: