Revolusi Industri 4.0 tidak bisa dihindari lagi. Teknologi akan berkembang sejalan dengan adanya revolusi industri 4.0. Hal ini ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat.
Tidak bisa disangkal lagi bahwa kini berbagai sektor sudah menggunakan teknologi digital. Aktivitas bisnis sudah mulai didominasi oleh digitalilasi, mulai dari proses produksi, distribusi, hingga konsumsi. Alasannya tentu saja karena lebih efektif, efisien, dan yang paling penting bisa menekan besar biaya dan dapat menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya.
Pernahkah Anda terpikir, jika semua orang bekerja di mana saja dan kapan saja, dengan menggunakan internet, maka yang terjadi, sebagian besar pengguna jalan hanya para wisatawan dan pengantar barang dan makanan karena orang orang pasti lebih memilih untuk bekerja dari rumah.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI YANG BEGITU PESAT
Pesatnya perkembangan teknologi dan masyarakat digital telah semakin marak. Kini semua dapat diakses lewat telepon seluler milik kita hanya dengan satu sentuhan jari saja.Â
Misalnya dulu ketika kita ingin membeli makanan kita harus pergi ke tempat makan tersebut namun sekarang berkat teknologi internet yang semakin maju kini kita bisa membeli makanan secara online, itulah salah satu contoh perkembangan teknologi yang bisa menciptakan inovasi baru.
Di Era 4.0 ini tentunya berbagai sektor diharuskan memanfaatkan internet terutama sektor ekonomi dan bisnis karena internet sangat berpengaruh di dalam revolusi industri 4.0. Dalam menjalankan bisnisnya masih banyak pelaku usaha yang belum bisa mengoptimalisasi penggunakan internet untuk kepentingan bisnisnya.
Optimalisasi pemanfaatan internet untuk aktivitas bisnis di Indonesia masih sangat minim padahal dengan memanfaatkan internet kita bisa mengembangkan usaha dan menjangkau lebih banyak calon konsumen. Kurangnya kesadaran masyarakat dan edukasi dari pemerintah tentang internet membuat orang menganggap remeh akan manfaat internet dan hanya menggunakan internet sebagai alat untuk besenang senang saja atau untuk mencari informasi.
Gambar tersebut menunjukkan data populasi pengguna internet di Indonesia. Setiap tahunnya pengguna internet semakin meningkat. Penggunaan internet di Indonesia sendiri telah mencapai lebih dari 73% dari populasinya. Artinya, ada sekitar 201,8 juta orang yang punya akses ke internet di Indonesia. Angka ini merepresentasikan Indonesia semakin intensif dalam menggunakan internet. Namun faktanya hanya sedikit orang yang bisa memaksimalkan pemanfaatan internet dan teknologi untuk hal baik.
Namun berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS): baru sekitar 5% pelaku usaha yang menggunakan internet. Padahal transformasi digital menjadi poin penting untuk membangun atau mengembangkan sebuah bisnis. apalagi jika melihat potensi ekonomi digital yang besar. Transformasi digital saat ini memberikan kesempatan dan peluang pelaku usaha baik pemain lama ataupun baru.
Pelaku usaha utama di Indonesia adalah sebagian besar dari kalangan orang tua, mereka dirasa masih kurang memahami secara mendalam tentang penggunaan internet dan teknologi.Â