Mohon tunggu...
Septiani Jessica
Septiani Jessica Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Seorang mahasiswi di Fakultas Hukum

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Vendor Management System: Mengelola Penyedia Untuk Efisiensi dan Efektivitas

21 Desember 2023   10:35 Diperbarui: 21 Desember 2023   11:09 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (IPP) merupakan program yang dikelola oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dilakukan secara periodik. Tujuan dari penyelenggaraan kompetisi ini tak lain untuk menumbuhkan inovasi pelayanan publik dari Pemerintah Daerah. Tumbuhnya inovasi dari pelayanan publik merupakan hasil dari pelaksanaan reformasi birokrasi. Inovasi dari pelayanan publik ini tentunya didukung dengan kondisi yang efektif baik secara pengelola unit pelayanannya

Sebagai salah satu unit pelayanan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Jember juga menjadi peserta pada kompetisi ini. Inovasi yang diusung oleh Bagian Pengadan Barang dan Jasa adalah Vendor Management System. Vendor Management System (VMS) adalah sebuah sistem pengelolaan penyedia barang/jasa yang membantu pemerintah daerah dalam mengelola dan berkolaborasi dengan penyedia barang/jasa serta memberikan platform terpusat untuk menyimpan semua data penyedia.

Impact baik dalam pengimplementasian VMS ini dapat dirasa pada aspek pengurangan biaya, peningkatan efisiensi dan peningkatan pemilihan penyedia barang/jasa yang lebih baik sehingga tercapainya tujuan organisasi. Selain itu, dengan adanya Inovasi berupa Aplikasi web Vendor Management System, manajemen risiko dapat lebih mudah untuk dikendalikan karena dapat membantu dalam pemantauan risiko yang terkait dengan penyedia barang/jasa dan penerapan rencana perbaikan berkelanjutan.

Sisi kebaruan dan nilai tambah dari inovasi ini dapat dilihat dari bagaimana Kualitas Layanan Pelanggan yang terus meningkat. Melalui pemilihan penyedia yang lebih baik, evaluasi kinerja, dan pelatihan penyedia layanan, Organisasi Perangkat Daerah dapat memastikan bahwa penyedia memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun