Artikel ini menguraikan secara menyeluruh pengembangan dan implementasi modul ajar mata pelajaran Informatika untuk siswa kelas 7 SMP, dengan fokus pada penguasaan aplikasi Microsoft Word. Modul ini dirancang dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning). Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar serta mendorong pemahaman mendalam terhadap penggunaan fitur-fitur Microsoft Word dalam konteks pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
Tujuan dan Struktur Modul
Modul ajar ini bertujuan untuk membantu siswa memahami dan menguasai dasar-dasar pengolahan kata melalui Microsoft Word. Fokus pembelajaran meliputi:
- Pengenalan fungsi dan kegunaan Microsoft Word.
- Pengaturan teks dan paragraf untuk dokumen yang rapi.
- Penggunaan bullet, numbering, dan tabel untuk menyusun data terstruktur.
- Integrasi elemen visual seperti gambar, simbol, dan tabel dalam dokumen.
- Pembuatan dokumen formal dengan fitur header, footer, dan penomoran halaman.
Struktur modul dibagi ke dalam tiga pertemuan utama:
Pertemuan Pertama: Pengenalan Antarmuka dan Fitur Dasar
Siswa diperkenalkan pada antarmuka Microsoft Word, seperti toolbar, ribbon, dan panel navigasi. Mereka mempelajari cara membuat dokumen sederhana dengan memanfaatkan pengaturan font, paragraf, dan tata letak.Pertemuan Kedua: Pengaturan Dokumen Dasar
Fokus pertemuan ini adalah pada fitur seperti bullet, numbering, tabel, serta pentingnya tata letak dokumen yang rapi. Siswa juga diajak untuk memahami bagaimana pengaturan paragraf dan daftar berpoin dapat mempermudah penyusunan dokumen.Pertemuan Ketiga: Integrasi Elemen Visual dan Pembuatan Dokumen Formal
Pada tahap ini, siswa mempelajari cara menyisipkan elemen visual seperti gambar, tabel, dan simbol, serta menggunakan header, footer, dan penomoran halaman. Hasil akhir dari pertemuan ini adalah dokumen formal yang menarik dan profesional.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan dalam modul ini adalah Project-Based Learning (PBL), yang mendorong siswa untuk belajar melalui proyek nyata. Guru memberikan panduan melalui aktivitas pembelajaran yang mencakup:
- Kegiatan pembukaan: Pemberian motivasi dan pengait materi dengan pengalaman siswa.
- Kegiatan inti: Penjelasan materi, praktik individu dan kelompok, serta eksplorasi fitur Microsoft Word.
- Kegiatan penutup: Refleksi pembelajaran, presentasi hasil kerja siswa, dan evaluasi bersama.
Sarana pendukung seperti laboratorium komputer, LCD proyektor, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan bahan ajar digital seperti video pembelajaran dan dokumen latihan juga disediakan untuk memaksimalkan hasil pembelajaran.