Dalam ilmu evaluasi program Pendidikan, ada banyak model yang dipergunakan untuk mengevaluasi keterlaksanaan program. Dalam hal ini Stepphen Isacc (1986 dalam arikunto, 2004) membedakan adanya empat hal yang dipergunakan untuk membedakan ragam model evaluasi, yaitu Goal oriented (berorientasi pada tujuan), Decision oriented (berorientasi pada keputusan), Transactional oriented (berorientasi pada kegiatan dan orang-orang yang menanganinya), dan research oriented (berorientasi pada pengaruh dan dampak program). Menurut Kaufman dan membedakan model evaluasi menjadi delapan.
1. Goal-Oriented Evaluation Models oleh Tayler
Evaluasi merupakan model yang muncul paling awal. Yang menjadi obyek pengamatan pada model ini adalah tujuan dari program yang sudah ditetapkan jauh sebelum program dimulai. Evaluasi dilakukan secara berkesinambungan.
2. Goal-Free Evaluation oleh Scriven
Model Goal Free Evaluation, dikembangkan oleh Michael Scriven, nah model ini dapat dikatakan berlawanan dengan model pertama yang dikembangkan oleh Tayler, jika dalam model yang dikembangkan oleh Tayler, evaluator terus menerus memantau tujuan, yaitu sejak awal proses terus melihat sejauh mana tujuan tersebut sudah dapat dicapai, dalam model goal free evaluation (evaluasi lepas dari tujuan) justru menoleh dari tujuan. Menurut Michael Scriven, dalam melaksanakan evaluasi program evaluator tidak perlu memperhatikan apa yang menjadi tujuan program.
3. Formative-Sumative Models oleh Scriven
Model ini menggunakan tahapan dan lingkuo obyek yang dievaluasi, yaitu evaluasi yang digunakan pada waktu program masih berjalan disebut evaluasi Formatif dan ketika program sudah selesai dilaksanakan disebut evaluasi sumatif. Evaluator tidak dapat melepaskan diri dari tujuan. Tujuan evaluasi Formatif berbeda dengan tujuan evaluasi sumatif. Dengan demikian model yang dikemukakan oleh Michael Scriven ini menunjukkan tentang "apa, kapan, dan tujuan" evaluasi tersebut dilaksanakan.
4. Countenance Evaluation Models oleh Stake
Model Countenance adalah model pertama evaluasi kurikulum yang dikembangkan oleh Slake. Pengertian Countenance adalah keseluruhan, sedangkan pengertian lain adalah sesuatu yang disenangi (favourable). Menurut Provus tujuan dari model Countenance Stake adalah melengkapi kerangka untuk pengembangan suatu rencana penilaian kurikulum.
5. Responsive Evaluation oleh Stake
Responsive evaluation model ini dikembangkan pada tahun 1975 oleh Robert Stake. Evaluasi menurut Stake adalah usaha mendeskripsikan program-program dan menjadikan judgement kepadanya. Stake mengatakan bahwa evaluasi tidak sempurna jika tidak memberikan judgement. Dalam memberikaan judgement dapat digunakan standar atau kriteria absolut (mutlak) atau relatif.