Masih dalam masa pandemic Covid-19 ini penjualan dalam bentuk online merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan dan berguna besar bagi pemilik UMKM. Yang mana dapat menghasilkan aset yang lebih besar dan pemasaran yang luas dan dapat dijangkau oleh siapapun itu. Mengenai penjualan online, packaging merupakan salah satu faktor terpenting yang harus diperhatikan sebelum memasarkan produk. Sebab, suatu produk akan bagus dan banyak peminatnya jika packaging dan kemasannya menarik maka orang-orang juga akan tertarik membelinya.
Kelompok Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 33 Gelombang 11 Di Desa Wonorejo Kec. Kencong Kab. Jember dengan DPL Ibu Lilis Setyowati M.Sc. kali ini mengembangkan platform digital untuk mendesain merek kemasan. Dalam  membuat packaging tidak hanya berkaitan dengan warna dasar yang digunakan tetapi juga informasi yang dimuat dalam packaging kemasan tersebut. Selain itu juga, packaging sendiri berfungsi baik sebagai pelindung produk, sebagai media promosi dan informasi produk, serta membangun image yang kuat terhadap produknya yakni  Jamu "Jahe Siap Seduh", Hand Sanitizer "Bahan alam Daun Sirih" dan "Kerupuk Homemade" untuk menambah serta meningkatkan mutu dan fungsi kemasan agar dapat bersaing dengan produk lainnya di pasaran.Â
Suatu produk yang dikemas dengan rapi akan membuat produk tersebut awet dan mampu membangun brand image dipasaran dalam jangka waktu yang lama. Mengingat peran penting dalam sebuah kemasan/ packaging maka jangan lupa untuk membuat kemasan yang bagus dan berkualitas tinggi untuk produk- produk anda.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H