Teori Lev Vygotsky dan Piaget tentang perkembangan sosial dan kongnitif
Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh penting dalam psikologi perkembangan yang menawarkan pandangan berbeda tentang perkembangan sosial dan kognitif anak. Berikut adalah perbandingan teori mereka:
Teori Lev Vygotsky
Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)
Vygotsky memperkenalkan konsep ZPD, yaitu jarak antara kemampuan anak saat ini (dengan usaha sendiri) dan potensi kemampuan mereka yang dapat dicapai dengan bantuan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompeten.
Pembelajaran terjadi paling efektif dalam ZPD dengan bantuan scaffolding (dukungan sementara).
Peran Interaksi Sosial
Menurut Vygotsky, perkembangan kognitif sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial. Ia percaya bahwa pembelajaran terjadi melalui kolaborasi dengan orang lain, terutama dalam konteks budaya tertentu.
Bahasa adalah alat penting dalam perkembangan kognitif karena memungkinkan anak untuk berpikir, berkomunikasi, dan memecahkan masalah.
Budaya dan Bahasa
Vygotsky menekankan bahwa budaya dan lingkungan sosial membentuk cara anak belajar dan berpikir.