KULIAH DARING YANG KURANG EFEKTIF DI MASA PANDEMI
Disusun oleh  :
SEPTIA CAHYANINGRUM (P07133121008)
Saat ini dunia sedang dilanda oleh virus covid-19 dan negara kita yaitu  negara Indonesia juga mengalami dan merasakan dampaknya . " akhir tahun 2019  merupakan tahun penuh musibah bagi semua negara dibelahan berbagai  dunia. ini disebabkan menyebarnya wabah virus  bernama Covid-19 yang bersumber  di Wuhan, Cina.
 Virus ini pertama kali terjadi  di Indonesia pada bulan Maret lalu, negara indonesia merupakan salah satu negara yang terpapar oleh virus corona atau covid-19.
Indonesia merupakan negara yang terpapar covid-19, maka dari itu kegiatan yang bersifat yang menggundang keramaian terpaksa dihentikan untuk sementara waktu hingga waktu yang belum diketahui, dan kegiatan yang dilakukan secara tatap muka atau offline dihentikan ,ini berpengaruh juga didalam dunia pendidikan
Selain dengan kebijakan dihentikannya kegiatan yang yang mengundang keramaian  pemerintah juga mengadakan sebuah kebijakan yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan di kalangan masyarakat setempat atau masyarakat dimasing-masing daerah sesuai dengan kebijakan yang diambil oleh masing-masing kepala daerah . Pemerintah membuat keputusan  ini tentu dengan berbagai pertimbangan supaya dapat mengurangi penyebaran covid-19 di Indonesia. .
Maka dari itu masyarakat diminta untuk berdiam diri di rumah dan mengurangi kegiatan diluar rumah.membatasi diri untuk tetap tinggal di rumah dalam jangka waktu lama tentu menimbulkan banyak sekali dampaknya.
Yang memiliki  Tujuan utama untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona memang tepat sasaran. Namun hal ini juga menimbulkan berbagai dampak negatif, terutama pada sektor perekonomian serta pendidikan di Indonesia. Banyak sekali kerugian yang dialami oleh pabrik atau pt lainnya yang menyebabkan  pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi para karyawannya sehingga menambah jumlah penganggur di Indonesia yang dapat menyebabkan kemiskinan.
Di bidang  pendidikan, kegiatan belajar-mengajar terpaksa harus dilakukan dengan menggunakan sistem daring. Banyak masukan dengan adanya pembelajaran daring atau online ini i yang mengatakan  sebaguan besar efektivitas pembelajaran sistem daring ini dirasa kurang efektif jika diibandingkan dengan pembelajaran secara manual, namun melihat pandemi atau musibah saat ini banyak dari kaum pelajar ataupun mahasiswa yang mengeluhkan pembelajaran jarak jauh tersebut. Saya sendiri sebagai mahasiswa merasakan efek dari daring ini , menurut saya pembelajaran ini memiliki 2 dampak yang dapat dilihat dari  sisi positif dan negatif , kalo dilihat dari segi negatif nya banyak mahasiswa yang mengalami kurangnya prasarana seperti sinyal yang kadang terkendala  ,biaya kuota dan kurangnya pemahaman kami dengan materi yang diberikan dosen. Dilihat dari segi positif mahasiswa memiliki banyak waktu yang dapat mengembangkan atau mengasah  kemampuan yang dimiliki ,selain itu dengan kemampuannya  mahasiswa dapat menciptakan suatu ide atau gagasan, contohnya teman saya dengan keadan sulit seperti ini dia mempunyai gagasan atau ide untuk berjualan masker,konektor hijab
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H