Mohon tunggu...
Septia WS
Septia WS Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasisa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Saya Mahasiswa aktif di universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Membangkitkan Patriotisme Generasi Muda Melalui Dukungan Produk Tas Lokal Indonesia

10 Januari 2025   16:35 Diperbarui: 10 Januari 2025   16:35 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Di era globalisasi, produk asing mendominasi pasar Indonesia, penting bagi generasi muda untuk kembali menegaskan identitas nasional dengan mencintai dan mendukung produk lokal terutama dalam industri fashion seperti tas. Hal ini bukan hanya mengancam keberlangsungan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) local, tetapi juga berpotensi mengikis rasa nasionalisme dan kebanggaan terhadap budaya Indonesia.

Dengan adanya produk lokal salah satunya adalah ruggine shibori brand yang menghasilkan tas slingbag 2-in-1, tidak hanya menghadirkan produk fashion yang menarik saja akan tetapi juga mengusung nilai-nilai yang mendukung ekonomi local dan kebanggan budaya Indonesia. Dalam dunia yang semakin di kuasai dengan produk lokal, keberadaan ruggine shibori penting sebagai contoh nyata upaya untuk membangkitan semangat nasionalisme dikalangan generasi muda sekarang.

Salah satu yang menjadi keunggulan ruggine shibori adalah penggunaan teknik shibori dalam proses produksinya, yang tidak hanya memberikan nilai estetika tetapi juga menggambarkan warisan budaya yang ada di Indonesia. Dengan mengedepankan kualitas dan inovasi, ruggine shibori juga berhasil menunjukkan bahwa produk lokal tidak kalah saing dengan merek tas lainnya. Hal ini sangat penting untuk mengubah pandangan masyarakata yang seringkali menganggap produk lokal inferior.

Adanya dukungan terhadap ruggine shibori juga berhasil berkontribusi pada pertumbuhan umkm, yang merupakan sector vital bagi perekonomian Indonesia. Setiap tas yang dibeli bukan hanya mendukung produsen lokal saja, tetapi membantu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri. Dengan demikian, mencintai produk ruggine shibori adalah bentuk nyata dari patriotisme yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui strategi pemasaran yang efektif, termasuk penggunaan platform online, ruggine shibori mampu menjangkau konsumen yang lebih luas, terutama pada setiap generasi yang aktif dimedia sosial. Ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan produk lokal dan memperkuat identitas budaya Indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun