Mohon tunggu...
Sendi Suwantoro
Sendi Suwantoro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ketua SEMA FTIK IAIN Ponorogo 2023/2024

Jangan pernah meremehkan orang walaupun bersalah jangan memandang diri sendiri ketika punya kelebihan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Candi Cetho Wisata Religi dan Budaya di Kaki Gunung Lawu

31 Desember 2023   17:47 Diperbarui: 6 Januari 2024   08:01 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok pribadi , Sendi Suwantoro 

Candi Cetho merupakan salah satu candi Hindu tertua di Jawa Tengah. Candi ini terletak di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Ponorogo, Jawa Timur.

Saya berkesempatan untuk mengunjungi Candi Cetho pada hari Sabtu, 29 Desember 2023. Saya berangkat dari Ponorogo pada pukul 07:00 WIB dan tiba di Candi Cetho pada pukul 10:00 WIB.

Untuk menuju Candi Cetho, saya harus melewati jalur pegunungan yang berkelok-kelok. Jalannya cukup menantang, tetapi pemandangannya sangat indah. Sesekali, saya bisa melihat Gunung Lawu yang menjulang tinggi di kejauhan.

Dok.Pribadi, sendi suwantoro 
Dok.Pribadi, sendi suwantoro 

Setelah tiba di Candi Cetho, saya langsung menuju ke loket pembelian tiket. Tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp15.000,

Setelah membeli tiket, saya mulai menyusuri tangga menuju candi. Tangganya cukup curam, tetapi saya bisa melewatinya dengan lancar.

Candi Cetho terdiri dari 14 teras yang bertingkat. Teras pertama merupakan teras paling bawah dan teras keempat merupakan teras tertinggi.

Teras pertama merupakan tempat parkir kendaraan. Teras kedua merupakan tempat untuk bersembahyang. Teras ketiga merupakan tempat untuk beristirahat. Teras keempat merupakan tempat untuk melihat pemandangan Gunung Lawu.

Pada saat saya berkunjung, Candi Cetho sedang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Ada wisatawan dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Saya menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk berkeliling di Candi Cetho. Saya sangat menikmati keindahan candi dan pemandangan Gunung Lawu.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Candi Cetho:

Bersembahyang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun